Show simple item record

dc.contributor.authorHaeruddin, Haeruddin
dc.date.accessioned2022-11-22T05:22:58Z
dc.date.available2022-11-22T05:22:58Z
dc.date.issued2022-11-13
dc.identifier.citation-en_US
dc.identifier.issn26142155
dc.identifier.urihttp://repository.unmul.ac.id/handle/123456789/42496
dc.description.abstractPerkalian merupakan salah satu operasi dari aritmatika dasar yang memiliki peran esensial dalam pembelajaran matematika. Namun pada faktanya masih terdapat kesalahan-kesalahan yang dilakukan siswa dalam perhitungan operasi perkalian. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi secara komprehensif kesalahan siswa terhadap konsep perkalian serta memberikan desain pembelajaran rekomendasi dalam menanamkan atau mengonstruksi konsep perkalian. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Subjek penelitian ini adalah 34 siswa kelas VII di salah satu MTS di Samarinda, Kalimantan Timur. Data yang telah terkumpul dianalisis melalui tiga proses yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masih terdapat kesalahan-kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal perkalian, diantaranya adalah kesalahan dalam memahami konsep perkalian sebagai operasi penjumlahan, kesalahan dalam memahami konsep perkalian sebagai gabungan dari operasi penjumlahan dan perkalian, dan kesulitan pada operasi perkalian puluhan dan ratusan.en_US
dc.publisherJPMI – Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatifen_US
dc.relation.ispartofseries6;1703-1714
dc.subjectkesalahanen_US
dc.subjectperkalianen_US
dc.subjectdesain pembelajaranen_US
dc.titleANALISIS KESALAHAN SISWA KELAS VII TERHADAP KONSEP PERKALIAN BESERTA REKOMENDASI DESAIN PEMBELAJARAN KONSEP PERKALIANen_US
dc.title.alternative-en_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record