Show simple item record

dc.contributor.authorSugeng, Sugeng
dc.date.accessioned2022-10-09T10:06:56Z
dc.date.available2022-10-09T10:06:56Z
dc.date.issued2014-04
dc.identifier.citationSugeng. (2014). Pengaruh lingkungan belajar terhadap prestasi belajar matematika melalui minat belajar siswa SMP Negeri. JDP : Jurnal Dinamika Pendidikan,Volume 7, Nomor 1, April 2014. hal. 17-26en_US
dc.identifier.issnp-ISSN : 1410-4695,
dc.identifier.urihttp://repository.unmul.ac.id/handle/123456789/42073
dc.description.abstractTujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh langsung dan tidak langsung dari Lingkungan Keluarga terhadap Hasil Belajar Matematika siswa melalui Gaya Belajar yang dimilikinya. Pelaksanaan penelitian ex post facto ini melibatkan 141 siswa SMPN wilayah Samarinda. Pengumpulan data menggunakan dua buah angket dan satu buah tes hasil belajar Matematika. Analisis data menggunakan Path Analysis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (a) terdapat pengaruh langsung yang signifikan Lingkungan Keluarga terhadap Hasil Belajar siswa (yx1= 0.244; t=2,964, p=0,004; =0.05; R2=0,059). (b) terdapat pengaruh langsung yang signifikan Gaya Belajar terhadap Hasil Belajar siswa (yx2=0,243; t=2,954, p=0,004; =0.05; R2=0,059; (c) terdapat pengaruh langsung yang signifikan Lingkungan Keluarga terhadap Gaya Belajar siswa (x2x1=0.487; t=6,568, p=0,004; =0.05; R2=0,237). Selain itu, juga diperoleh pengaruh tidak langsung dari Lingkungan Keluarga terhadap Hasil Belajar melalui Gaya Belajar sebesar (x2x1)(yx2) atau 0,118; p=0,00; =0.05. Hasil analisis data juga menunjukkan bahwa pengaruh yang signifikan kedua variable (Lingkungan Keluarga dan Gaya Belajar) secara bersama-sama terhadap Hasil Belajar adalah sebesar 0,080; yang hal itu didukung oleh F = 5,977; p=0,003; dan = 0.05.en_US
dc.publisherFKIP Universitas Kristen Indonesiaen_US
dc.relation.ispartofseriesJDP : Jurnal Dinamika Pendidikan,;Volume 7, Nomor 1, April 2014. hal. 17-26
dc.relation.ispartofseriesJDP : Jurnal Dinamika Pendidikan,;Volume 7, Nomor 1, April 2014. hal. 17-26
dc.subjectPengaruh langsung; Pengaruh tidak langsung. Path Analysis,en_US
dc.titlePengaruh lingkungan belajar terhadap prestasi belajar matematika melalui minat belajar siswa SMP Negeri.en_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record