Show simple item record

dc.contributor.authorSugeng, Sugeng
dc.date.accessioned2022-10-09T06:44:22Z
dc.date.available2022-10-09T06:44:22Z
dc.date.issued2012-12
dc.identifier.citationSugeng. (2012). KUALITAS BUTIR PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP DOSEN PENDIDIKAN MATEMATIKA. PRIMATIKA: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(02), pp.93-106, Desember 2012en_US
dc.identifier.issnISSN: 2302 - 4518
dc.identifier.urihttp://repository.unmul.ac.id/handle/123456789/42070
dc.description.abstractABSTRAK Data sebagai unsur utama dalam suatu penelitian, sehingga kualitas data sangat menentukan kualitas hasil penelitian tersebut. Kualitas data sangat ditentukan oleh kualitas butir instrumen, baik berbentuk tes maupun non-tes, yang digunakan dalam pengumpulan data. Oleh karenanya, penggunaan instrumen persepsi (berupa angket) dalam penelitian perlu dikaji kualitas setiap butirnya. Kualitas butir instrumen diselidiki melalui analisis kuantitatif dan kualitatif. Analisis kuantitatif berbentuk kajian terhadap karakteristik butir instrumen persepsi, yaitu validitas (validitas isi dan konstruk), daya pembeda, reliabilitas beserta salah baku pengukuran. Dalam analisis butir instrumen dibantu dengan program ITEMAN dan SPSS. Penelitian ini melibatkan 232 mahasiswa Pendidikan Matematika, Universitas Negeri Jakarta pada tahun 2010/2011. Dari 30 butir persepsi, diperoleh keseluruhan butir memenuhi kriteria sebagai butir berkualitas (baik). Instrumen ini memiliki koefisien reliabilitas Cronbach  sebesar 0,876. Salah baku pengukuran instrumen persepsi sebesar 0,174; sehingga skor persepsi sesungguhnya berada pada rentangan yang relative kecil, yakni 1,96 (0,174) dari skor mentah.en_US
dc.publisherFKIP Universitas Mulawarman.en_US
dc.relation.ispartofseriesPRIMATIKA, Jurnal Pendidikan Matematika;Vol 1, No. 02, Desember 2012, pp. 93-106
dc.subjectPersepsi, daya pembeda, validitas, reliabilitas, salah baku pengukuranen_US
dc.titleKUALITAS BUTIR PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP DOSEN PENDIDIKAN MATEMATIKA.en_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record