Show simple item record

dc.contributor.authorSugeng, Sugeng
dc.contributor.authorYulia Dewi Arief Fanti, Yulia Dewi Arief Fanti
dc.contributor.authorAzainil, Azainil
dc.date.accessioned2022-10-02T12:30:36Z
dc.date.available2022-10-02T12:30:36Z
dc.date.issued2020-12-01
dc.identifier.issnp-ISSN: 2302-4518, e-ISSN: 2622-0911
dc.identifier.urihttp://repository.unmul.ac.id/handle/123456789/41925
dc.description.abstractPenelitian ex post facto ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kesiapan belajar dan interaksi teman sebaya terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 5 Samarinda tahun ajaran 2017/2018. Populasi dalam penelitian ini adalah sejumlah 189 siswa kelas VII SMP Negeri 5 Samarinda. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 150 siswa atau 5 kelas yang dipilih menggunakan metode/teknik cluster random sampling. Berdasarkan hasil analisis inferensial dengan menggunakan regresi linier ganda diperoleh persamaan model regresi dugaan yang menunjukkan bahwa terdapat pengaruh kesiapan belajar dan interaksi teman sebaya terhadap hasil belajar matematika siswa (Sig.=0,000 pada =0,05); kontribusi kedua variabel bebas itu sebesar R2=0,403. Hasil pengujian variabel kesiapan belajar diperoleh Sig.=0,000; sehingga diperoleh terdapat pengaruh kesiapan belajar terhadap hasil belajar matematika. Untuk variabel interaksi teman sebaya diperoleh Sig.=0,012; sehingga diperoleh terdapat pengaruh interaksi teman sebaya terhadap hasil belajar matematika.en_US
dc.publisherFKIP Universitas Mulawarman.en_US
dc.relation.ispartofseriesPRIMATIKA, Jurnal Pendidikan Matematika;Volume 9, Nomor 2, Desember 2020, pp. 71-80
dc.subjectKesiapan belajar, Interaksi teman sebaya, Hasil belajar matematikaen_US
dc.titlePENGARUH KESIAPAN BELAJAR DAN INTERAKSI TEMAN SEBAYA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 5 SAMARINDAen_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record