PENGARUH INTERAKSI SOSIAL DAN BERPIKIR KRITIS TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 SAMARINDA
View/ Open
Date
2019-12-04Author
Pratiwi Kurnia Sari, Pratiwi Kurnia Sari
Sugeng, Sugeng
Metadata
Show full item recordAbstract
Penelitian ex post facto ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh interaksi sosial (𝑋1), dan berpikir kritis (𝑋2) terhadap hasil belajar matematika (𝑌) siswa kelas VIII SMPN 1 Samarinda tahun ajaran 2017/2018. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII yang terdiri dari 11 kelas dengan jumlah 351 siswa. Sampel penelitian berukuran 187 siswa (atau 6 kelas) yang ditentukan dengan teknik cluster random sampling. Penelitian ini menggunakan instrumen angket dan tes. Sebelum digunakan untuk penelitian, kedua instrumen diujicobakan dan hasilnya 30 butir angket interaksi sosial, 5 soal berpikir kritis, dan 7 soal hasil belajar matematika dinyatakan valid. Analisis data menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial dengan taraf signifikan (α) = 5%. Hasil analisis deskriptif menunjukkan variabel interaksi sosial dan berpikir kritis berkategori sedang dan rata-rata hasil belajar matematika (𝑥̅ = 50,92) juga berkategori sedang. Hasil analisis inferensial menggunakan regresi linear ganda diperoleh persamaan regresi dugaan, yaitu 𝑌^ =
−54,172 + 0,872𝑋1 + 0,554𝑋2, dengan Fhit = 43,433, dan nilai probabilitas (sig. Uji F) sebesar 0,000 sehingga diperoleh model regresi dapat dipakai untuk memprediksi hasil belajar matematika. Kontribusi interaksi sosial dan berpikir kritis terhadap hasil belajar matematika sebesar 32,1% (atau 𝑅2 = 0,321). Untuk variabel interaksi sosial dan variabel berpikir kritis, masing-masing diperoleh nilai dari probabilitas (sig. Uji t) sebesar 0,000. Dengan demikian, interaksi sosial dan berpikir kritis masing-masing berpengaruh terhadap hasil belajar matematika.