View Item 
  •   Unmul Repository Home
  • Articles
  • A - Teacher Training and Education
  • View Item
  •   Unmul Repository Home
  • Articles
  • A - Teacher Training and Education
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

PENGARUH INTERAKSI SOSIAL DAN BERPIKIR KRITIS TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 SAMARINDA

Thumbnail
View/Open
Main article (509.0Kb)
Date
2019-12-04
Author
Pratiwi Kurnia Sari, Pratiwi Kurnia Sari
Sugeng, Sugeng
Metadata
Show full item record
Abstract
Penelitian ex post facto ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh interaksi sosial (𝑋1), dan berpikir kritis (𝑋2) terhadap hasil belajar matematika (𝑌) siswa kelas VIII SMPN 1 Samarinda tahun ajaran 2017/2018. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII yang terdiri dari 11 kelas dengan jumlah 351 siswa. Sampel penelitian berukuran 187 siswa (atau 6 kelas) yang ditentukan dengan teknik cluster random sampling. Penelitian ini menggunakan instrumen angket dan tes. Sebelum digunakan untuk penelitian, kedua instrumen diujicobakan dan hasilnya 30 butir angket interaksi sosial, 5 soal berpikir kritis, dan 7 soal hasil belajar matematika dinyatakan valid. Analisis data menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial dengan taraf signifikan (α) = 5%. Hasil analisis deskriptif menunjukkan variabel interaksi sosial dan berpikir kritis berkategori sedang dan rata-rata hasil belajar matematika (𝑥̅ = 50,92) juga berkategori sedang. Hasil analisis inferensial menggunakan regresi linear ganda diperoleh persamaan regresi dugaan, yaitu 𝑌^ = −54,172 + 0,872𝑋1 + 0,554𝑋2, dengan Fhit = 43,433, dan nilai probabilitas (sig. Uji F) sebesar 0,000 sehingga diperoleh model regresi dapat dipakai untuk memprediksi hasil belajar matematika. Kontribusi interaksi sosial dan berpikir kritis terhadap hasil belajar matematika sebesar 32,1% (atau 𝑅2 = 0,321). Untuk variabel interaksi sosial dan variabel berpikir kritis, masing-masing diperoleh nilai dari probabilitas (sig. Uji t) sebesar 0,000. Dengan demikian, interaksi sosial dan berpikir kritis masing-masing berpengaruh terhadap hasil belajar matematika.
URI
http://repository.unmul.ac.id/handle/123456789/41924
Collections
  • A - Teacher Training and Education [740]

Repository Universitas Mulawarman copyright ©   LP3M Universitas Mulawarman
Jalan Kuaro Kotak Pos 1068
Telp. (0541) 741118
Fax. (0541) 747479 - 732870
Samarinda 75119, Kalimantan Timur, Indonesia
Contact Us | Send Feedback
 

 

Browse

All of Unmul RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

Login

Repository Universitas Mulawarman copyright ©   LP3M Universitas Mulawarman
Jalan Kuaro Kotak Pos 1068
Telp. (0541) 741118
Fax. (0541) 747479 - 732870
Samarinda 75119, Kalimantan Timur, Indonesia
Contact Us | Send Feedback