Show simple item record

dc.contributor.authorAni Lestari, Ani Lestari
dc.contributor.authorSugeng, Sugeng
dc.date.accessioned2022-10-02T07:55:44Z
dc.date.available2022-10-02T07:55:44Z
dc.date.issued2019-06-10
dc.identifier.issnp-ISSN: 2302-4518 | e-ISSN: 2622-0911
dc.identifier.urihttp://repository.unmul.ac.id/handle/123456789/41923
dc.description.abstractPenelitian ex post facto ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh disiplin belajar, lingkungan sosial dan variasi gaya mengajar guru terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi Matriks di kelas XI IPA SMAN 3 dan SMAN 5 Samarinda Tahun Ajaran 2017/2018. Pengambilan sampel menggunakan teknik proportional cluster random sampling dan diperoleh sampel berukuran 201 siswa. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan angket disiplin belajar, lingkungan sosial, variasi gaya mengajar guru dan tes hasil belajar matematika, yang sebelumnya keempat instrumen itu dilakukan ujicoba. Analisis data dengan teknik regresi linear ganda diperoleh persamaan regresi dugaan 𝑌^ = −55,691 + 0,418𝑋1 + 0,464𝑋2 + 0,321𝑋3 , dengan 𝐹 = 11.512 , pada  = 0,05 . Hasil penelitian menunjukkan bahwa disiplin belajar, lingkungan sosial dan variasi gaya mengajar guru secara bersama-sama memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa dengan sumbangan sebesar 13,6%. Secara parsial disiplin belajar, lingkungan sosial dan variasi gaya mengajar guru memberikan pengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa SMA, secara berurutan sebesar 𝑟2 = 5,1 %; 𝑟2 = 7,0% ; dan 𝑟2 = 5,3%.en_US
dc.publisherFKIP Universitas Mulawarman.en_US
dc.relation.ispartofseriesPRIMATIKA, Jurnal Pendidikan Matematika;Volume 8, Nomor 1, Juni 2019,
dc.subjectPENGARUH DISIPLIN BELAJARen_US
dc.titlePENGARUH DISIPLIN BELAJAR, LINGKUNGAN SOSIAL, DAN VARIASI GAYA MENGAJAR GURU TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XI IPA SMAN 3 DAN SMAN 5 SAMARINDAen_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record