Show simple item record

dc.contributor.authorhaeruddin, haeruddin
dc.date.accessioned2022-08-16T05:23:47Z
dc.date.available2022-08-16T05:23:47Z
dc.date.issued2022-06-30
dc.identifier.urihttp://repository.unmul.ac.id/handle/123456789/39647
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan Model Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) pada pembelajaran matematika dan untuk mengetahui keefektifan model Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) dalam pembelajaran matematika dalam penelitian-penelitian sebelumnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat studi literatur yang menggunakan jurnal-jurnal dan literatur lainnya sebagai objek penelitian yang utama. Sumber data dalam penelitian ini dikumpulkan dari artikel penelitian terkait teori-teori model pembelajaran POGIL. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis isi (content analysis) dengan pengambilan pandangan yang sesuai. Model pembelajaran POGIL secara umum menggunakan 3 tahapan, 5 tahapan dan 7 tahapan. Model POGIL yang menggunakan 3 tahapan melewatkan orientasi dan evaluasi pada penerapannya, sedangkan model pembelajaran dengan 5 tahapan merupakan penggabungan dari 7 tahapan model POGIL yang memiliki kesamaan dalam aktivitas pembelajarannya. Dari 13 penelitian yang dianalisis, ada 5 penelitian yang meneliti keefektifan model pembelajaran POGIL dan semuanya mengemukakan bahwa model POGIL efektif jika diterapkan pada pembelajaran matematika dan 8 penelitian lainnya lebih mengarah kepada pengaruh model pembelajaran POGIL terhadap tingkatan kemampuan siswa.en_US
dc.subjectLiterature Reviewen_US
dc.subjectPOGILen_US
dc.subjectMathematics Learningen_US
dc.titleLiterature Review: Model Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) Pada Pembelajaran Matematikaen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record