Pengaruh Kualitas Produk dan Harga terhadap Loyalitas Konsumen pada Warung Pempek Kurnia di Kota Bontang
View/ Open
Date
2022-08-09Author
Hanif, Luthfi
Tommy Fimi Putra, Muhammad
Metadata
Show full item recordAbstract
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Loyalitas Konsumen pada Warung Pempek Kurnia di Kota Bontang. Terdapat dua variabel bebas dalam penelitian ini yaitu Kualitas Produk (X1) dan Harga (X2) dan terdapat satu variabel terikat yaitu Loyalitas Konsumen (Y). Jumlah sampel dalam penelitian ini yaitu 60 orang konsumen di Warung Pempek Kurnia dan analisis data menggunakan software SPSS versi 25.
Uji yang dilakukan dalam penelitian ini adalah uji validitas, uji relabilitas, uji asumsi klasik, uji regresi linier berganda, uji koefisien korelasi, uji koefisien determinasi, uji t dan uji f. Hasil dalam penelitian ini yaitu variabel Kualitas Produk dan Harga secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas Konsumen pada Warung Pempek Kurnia di Kota Bontang. Hasil uji f (simultan) menunjukkan bahwa Kualitas Produk dan Harga secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas Konsumen pada warung Pempek Kurnia di Kota Bontang
Terdapat kekurangan di Pempek Kurnia yaitu kurangnya citra rasa yang khas pada produknya. Hal ini dibuktikan dengan dari 60 orang responden yang di teliti 30 orang menyatakan kurang setuju bahwa pempek kurnia memiliki ciri khas rasa. Disarankan agar Pempek Kurnia memberikan sentuhan cita rasa khas kepada produk yang dijualnya agar jadi pembeda dengan pesaing nya.