PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION (GI) DAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) PADA MATERI REDOKS DI SMA BUDI LUHUR SAMARINDA
Date
2020-11-15Author
Masriati, Masriati
Kusumawardani, Ratna
Nurhadi, Mukhamad
Metadata
Show full item recordAbstract
Artikel ini berisi tentang penelitian yang bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa melalui
model pembelajaran Group Investigation (GI) dan model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) pada
materi reaksi redoks di SMA Budi lLuhur Samarinda. Jenis penelitian yang digunakan adalah post test Only Non
eguivalent Control Group Design, dengan desain eksperimen kuasi. Sampel penelit ian diambil secara Teknik
sampling jenuh. yakni kelas X IPA I dan X IPA 2. Kelas X IPA I digunakan sebagai kelas eksperimen I dan
kelas X IPA 2 digunakan sebagai kelas eksperimen 2. Data penelitian ini berupa nilai hasil belajar siswa dan
aktivitas siswa. Nilai hasil belajar siswa diperoleh dari masing-masing 30% nilai post test pertemuan dan 2 serta
40° nilai ulangan harian. Hasil belajar kelas eksperimen I memiliki nilai 85,42 sedangkan hasil be lajar kelas
eksperimen 2 dengan nilai 85,08. Setelah dilakukan uji t diperoleh bahwa thitung abet. yang dapat disimpulkan
tidak terdapat perbedaan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran GI dan model pembelajaran CPs pada
materi reaksi redoks di SMA Budi Luhur Samarinda. Sedangkan aktivitas siswa dihitung menggunakan skala
Likert. diperoleh nilai aktivitas siswa kelas eksperimen I pada pertemuan 1 dan 2 berturut-turut sebesar 84,3
dan 85,2%, kemudian untuk nilai aktivitas siswa kelas eksperimen 2 pada pertemuan 1 dan 2 berturut-turut sebesar
87.1% dan 87,9%.