View Item 
  •   Unmul Repository Home
  • Articles
  • A - Teacher Training and Education
  • View Item
  •   Unmul Repository Home
  • Articles
  • A - Teacher Training and Education
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION (GI) DAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) PADA MATERI REDOKS DI SMA BUDI LUHUR SAMARINDA

Thumbnail
View/Open
PROSIDING SEMINAR NASIONAL PMSGK 2020.pdf (5.169Mb)
Date
2020-11-15
Author
Masriati, Masriati
Kusumawardani, Ratna
Nurhadi, Mukhamad
Metadata
Show full item record
Abstract
Artikel ini berisi tentang penelitian yang bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran Group Investigation (GI) dan model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) pada materi reaksi redoks di SMA Budi lLuhur Samarinda. Jenis penelitian yang digunakan adalah post test Only Non eguivalent Control Group Design, dengan desain eksperimen kuasi. Sampel penelit ian diambil secara Teknik sampling jenuh. yakni kelas X IPA I dan X IPA 2. Kelas X IPA I digunakan sebagai kelas eksperimen I dan kelas X IPA 2 digunakan sebagai kelas eksperimen 2. Data penelitian ini berupa nilai hasil belajar siswa dan aktivitas siswa. Nilai hasil belajar siswa diperoleh dari masing-masing 30% nilai post test pertemuan dan 2 serta 40° nilai ulangan harian. Hasil belajar kelas eksperimen I memiliki nilai 85,42 sedangkan hasil be lajar kelas eksperimen 2 dengan nilai 85,08. Setelah dilakukan uji t diperoleh bahwa thitung abet. yang dapat disimpulkan tidak terdapat perbedaan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran GI dan model pembelajaran CPs pada materi reaksi redoks di SMA Budi Luhur Samarinda. Sedangkan aktivitas siswa dihitung menggunakan skala Likert. diperoleh nilai aktivitas siswa kelas eksperimen I pada pertemuan 1 dan 2 berturut-turut sebesar 84,3 dan 85,2%, kemudian untuk nilai aktivitas siswa kelas eksperimen 2 pada pertemuan 1 dan 2 berturut-turut sebesar 87.1% dan 87,9%.
URI
http://repository.unmul.ac.id/handle/123456789/37457
Collections
  • A - Teacher Training and Education [735]

Repository Universitas Mulawarman copyright ©   LP3M Universitas Mulawarman
Jalan Kuaro Kotak Pos 1068
Telp. (0541) 741118
Fax. (0541) 747479 - 732870
Samarinda 75119, Kalimantan Timur, Indonesia
Contact Us | Send Feedback
 

 

Browse

All of Unmul RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

Login

Repository Universitas Mulawarman copyright ©   LP3M Universitas Mulawarman
Jalan Kuaro Kotak Pos 1068
Telp. (0541) 741118
Fax. (0541) 747479 - 732870
Samarinda 75119, Kalimantan Timur, Indonesia
Contact Us | Send Feedback