Perbedaan hasil belajar antara siswa SMK yang diajar dengan model pembelajaran Bacapetangsidan Cobasipada pokok bahasan struktur atom
Date
2020-12-31Author
Brahmana, Lilisabella
Kusumawardani, Ratna
Cathrine Watulingas, Maasje
Metadata
Show full item recordAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajarantara siswa yang diajar dengan model pembelajaran Bacapetangsi (Bahas-Catat-Petakan-Tanggapi-Simpulkan) dan siswa yang diajar dengan model pembelajaran Cobasi (Contoh-Bahas-Simpulkan)pada pokok bahasan struktur atom Penelitian ini dilaksnakan di SMK Husada Prima Samarinda tahun ajaran 2017/2018. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK Husada Prima Samarinda. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknikpurpossive samplingdandiperoleh dua kelas siswa, masing-masing berjumlah 19 orang. Satu kelas diajarmenggunakan model pembelajaran Bacapetangsi dan satu kelas diajar denganmenggunakan model pembelajaran COBASI. Hasil belajar siswa diperoleh dari nilaipost-testdan ulangan harian. Perbedaan hasil belajar diuji statistik menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Bacapetangsi (74,42) lebih tinggi dari rata-rata hasil belajar siswayang diajar denganmodel pembelajaran Cobasi (72,29). Hasil uji statistik menunjukkan bahwa thitung< ttabelpada taraf signifikan 5%. Jaditidak terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang diajar dengan model pembelajaran Bacapetangsi dan hasil belajar siswa yang diajar degan model pembelajaran Cobasi pada pokok bahasan struktur atom.