Show simple item record

dc.contributor.authorAsmawati, Aulia Ariski
dc.contributor.authorSugeng, Sugeng
dc.contributor.authorLabulan, P.M.
dc.date.accessioned2022-03-19T07:29:50Z
dc.date.available2022-03-19T07:29:50Z
dc.date.issued2021-06-10
dc.identifier.issnp-ISSN: 2302-4518, e-ISSN: 2622-0911
dc.identifier.urihttp://repository.unmul.ac.id/handle/123456789/34639
dc.description.abstractHasil belajar siswa merupakan salah satu variabel yang banyak diteliti dalam penelitian di bidang pendidikan. Hasil belajar dipengaruhi oleh banyak faktor. Faktor tersebut tidak hanya berupa faktor internal, tetapi juga faktor eksternal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh disiplin belajar, kecemasan dan perhatian orang tua terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 27 Samarinda tahun ajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah ex post facto dan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik proportional cluster random sampling dengan sampel sebanyak 132 siswa. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan angket disiplin belajar, kecemasan, perhatian orang tua dan tes hasil belajar matematika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa disiplin belajar, kecemasan dan perhatian orang tua memberikan pengaruh secara simultan terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 27 Samarinda Tahun Ajaran 2017/2018 dengan sumbangan sebesar 18,1%. Secara parsial disiplin belajar, kecemasan dan perhatian orang tua memberikan pengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 27 Samarinda Tahun Ajaran 2017/2018.en_US
dc.relation.ispartofseriesPRIMATIKA, Jurnal Pendidikan Matematika;Vol.10, No.1, pp. 1-10
dc.subjectDisiplin belajar,en_US
dc.subjectKecemasan,en_US
dc.subjectPerhatian orang tua,en_US
dc.subjectHasil belajaren_US
dc.titlePENGARUH DISIPLIN BELAJAR, KECEMASAN, DAN PERHATIAN ORANG TUA, TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWAen_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record