PENGARUH KECEMASAN SISWA, DISIPLIN BELAJAR, DAN AGRESIVITAS SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA
Abstract
Abstrak
Penelitian ini menggunakan metode kuantitaif yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh
kecemasan siswa, disiplin belajar, dan agresivitas siswa terhadap hasil belajar matematika
siswa kelas VIII SMP Negeri 06 Samarinda Tahun Ajaran 2017/2018. Pelaksanaan penelitian
pada bulan Maret-April 2018 dengan subjek penelitian sebanyak 5 kelas dengan jumlah 169
siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket dan tes. Angket
digunakan untuk memperoleh data kecemasan siswa, disiplin belajar, dan agresivitas siswa,
sedangkan tes digunakan untuk memperoleh hasil belajar matematika. Teknik analisis data
yang digunakan adalah statistif deskriptif dan statistik inferensial dengan taraf signifikan (𝛼) =
5%. Hasil analisis deskriptif menunjukkan variabel kecemasan siswa, disiplin belajar dan
agresivitas siswa berkatogori sedang dan rata-rata hasil belajar matematika adalah 60,124 siswa
berkatogori sedang. Hasil analisis inferensial menggunakan regresi linier ganda diperoleh
persamaan regresi dugaan 𝑌̂ = 27,308 + 0,533𝑋1 + 0,2484𝑋2 − 0,259𝑋3, dengan nilai
probabilitas sebesar 0,000 model regresi dapat dipakai untuk memprediksi hasil belajar
matematika. Kontribusi kecemasan siswa, disiplin belajar dan agresivitas siswa terhadap hasil
belajar siswa sebesar 24,9%. Untuk variabel kecemasan siswa, disiplin belajar dan agresivitas
siswa masing-masing diperoleh nilai probabilitas sebesar 0,000, 0,007 dan 0,029. Dengan
demikian, kecemasan siswa, disiplin belajar, dan agresivitas siswa masing-masing berpengaruh
terhadap hasil belajar matematika.
Kata kunci : Kecemasan Siswa, Disiplin Belajar, Agresivitas Siswa, Hasil Belajar Matematika