View Item 
  •   Unmul Repository Home
  • Articles
  • A - Teacher Training and Education
  • View Item
  •   Unmul Repository Home
  • Articles
  • A - Teacher Training and Education
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

PENGARUH KECEMASAN SISWA, DISIPLIN BELAJAR, DAN AGRESIVITAS SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA

Thumbnail
View/Open
Prosiding Seminar Jurusan Pend. MIPA 2020 (1)-66-72.pdf (450.6Kb)
Date
2021-03-05
Author
Mangunatun, Sri
Basir A, Abd
Suriaty, Suriaty
Metadata
Show full item record
Abstract
Abstrak Penelitian ini menggunakan metode kuantitaif yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecemasan siswa, disiplin belajar, dan agresivitas siswa terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 06 Samarinda Tahun Ajaran 2017/2018. Pelaksanaan penelitian pada bulan Maret-April 2018 dengan subjek penelitian sebanyak 5 kelas dengan jumlah 169 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket dan tes. Angket digunakan untuk memperoleh data kecemasan siswa, disiplin belajar, dan agresivitas siswa, sedangkan tes digunakan untuk memperoleh hasil belajar matematika. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistif deskriptif dan statistik inferensial dengan taraf signifikan (𝛼) = 5%. Hasil analisis deskriptif menunjukkan variabel kecemasan siswa, disiplin belajar dan agresivitas siswa berkatogori sedang dan rata-rata hasil belajar matematika adalah 60,124 siswa berkatogori sedang. Hasil analisis inferensial menggunakan regresi linier ganda diperoleh persamaan regresi dugaan 𝑌̂ = 27,308 + 0,533𝑋1 + 0,2484𝑋2 − 0,259𝑋3, dengan nilai probabilitas sebesar 0,000 model regresi dapat dipakai untuk memprediksi hasil belajar matematika. Kontribusi kecemasan siswa, disiplin belajar dan agresivitas siswa terhadap hasil belajar siswa sebesar 24,9%. Untuk variabel kecemasan siswa, disiplin belajar dan agresivitas siswa masing-masing diperoleh nilai probabilitas sebesar 0,000, 0,007 dan 0,029. Dengan demikian, kecemasan siswa, disiplin belajar, dan agresivitas siswa masing-masing berpengaruh terhadap hasil belajar matematika. Kata kunci : Kecemasan Siswa, Disiplin Belajar, Agresivitas Siswa, Hasil Belajar Matematika
URI
http://repository.unmul.ac.id/handle/123456789/32606
Collections
  • A - Teacher Training and Education [740]

Repository Universitas Mulawarman copyright ©   LP3M Universitas Mulawarman
Jalan Kuaro Kotak Pos 1068
Telp. (0541) 741118
Fax. (0541) 747479 - 732870
Samarinda 75119, Kalimantan Timur, Indonesia
Contact Us | Send Feedback
 

 

Browse

All of Unmul RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

Login

Repository Universitas Mulawarman copyright ©   LP3M Universitas Mulawarman
Jalan Kuaro Kotak Pos 1068
Telp. (0541) 741118
Fax. (0541) 747479 - 732870
Samarinda 75119, Kalimantan Timur, Indonesia
Contact Us | Send Feedback