Show simple item record

dc.contributor.authorMariatul, Ulfah,
dc.contributor.authorUsman, Sain,
dc.contributor.authorIis Intan, Widyowati
dc.date.accessioned2022-03-15T12:50:19Z
dc.date.available2022-03-15T12:50:19Z
dc.date.issued2018-03-22
dc.identifier.issnP-ISSN: 2615-8418; E-ISSN: 2615-8426
dc.identifier.urihttp://repository.unmul.ac.id/handle/123456789/29260
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan video eksperimen terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan larutan penyangga. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 3 Samarinda. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA 4 (kelas eksperimen) dan kelas XI MIPA 5 (kelas kontrol). Penelitian ini tergolong quasi eksperimental dengan menggunakan nonequivalent control group design. Kedua kelas diajar menggunakan model pembelajaran discovery learning. Kelas eksperimen diajar menggunakan video eksperimen sedangkan kelas kontrol tanpa menggunakan video eksperimen. Data dalam penelitian ini berupa dokumentasi dan nilai tes kemampuan kognitif siswa. Data dokumentasi diperoleh dari nilai hasil belajar siswa sebelumnya. Data nilai tes kemampuan kognitif siswa diperoleh dari masing-masing 25% nilai post test pertemuan I dan II serta 50% nilai ulangan harian. Data dianalisis menggunakan uji t. Rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen (80,08) lebih tinggi dari hasil belajar siswa kelas kontrol (72,19) dan terdapat perbedaan antara keduanya pada taraf signifikan 5%. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan video eksperimen terhadap hasil belajar siswa SMA pada pokok bahasan larutan penyangga.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherProgram Studi Pendidikan Kimia FKIP Unmulen_US
dc.subjectDiscovery learning,en_US
dc.subjectvideo eksperimen,en_US
dc.subjecthasil belajar siswaen_US
dc.titlePENGARUH PENGGUNAAN VIDEO EKSPERIMEN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMA PADA POKOK BAHASAN LARUTAN PENYANGGAen_US
dc.title.alternativeTHE EFFECT OF THE USE OF EXPERIMENTAL VIDEO ON SENIOR HIGH SCHOOL STUDENT'S LEARNING OUTCOMES OF BUFFER SUBJECTen_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record