PENGARUH PENGGUNAAN VIDEO EKSPERIMEN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMA PADA POKOK BAHASAN LARUTAN PENYANGGA
Date
2018-03-22Author
Mariatul, Ulfah,
Usman, Sain,
Iis Intan, Widyowati
Metadata
Show full item recordAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan video eksperimen terhadap
hasil belajar siswa pada pokok bahasan larutan penyangga. Populasi pada penelitian ini adalah
seluruh siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 3 Samarinda. Teknik pengambilan sampel yang
digunakan adalah purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA
4 (kelas eksperimen) dan kelas XI MIPA 5 (kelas kontrol). Penelitian ini tergolong quasi
eksperimental dengan menggunakan nonequivalent control group design. Kedua kelas diajar
menggunakan model pembelajaran discovery learning. Kelas eksperimen diajar menggunakan
video eksperimen sedangkan kelas kontrol tanpa menggunakan video eksperimen. Data dalam
penelitian ini berupa dokumentasi dan nilai tes kemampuan kognitif siswa. Data dokumentasi
diperoleh dari nilai hasil belajar siswa sebelumnya. Data nilai tes kemampuan kognitif siswa
diperoleh dari masing-masing 25% nilai post test pertemuan I dan II serta 50% nilai ulangan
harian. Data dianalisis menggunakan uji t. Rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen
(80,08) lebih tinggi dari hasil belajar siswa kelas kontrol (72,19) dan terdapat perbedaan antara
keduanya pada taraf signifikan 5%. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan
video eksperimen terhadap hasil belajar siswa SMA pada pokok bahasan larutan penyangga.
Collections
- Turnitin Report [1573]