PENGEMBANGAN E-MODUL PEMBELAJARAN EKONOMI BERBASIS COLT DI SMA NEGERI 5 SAMARINDA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan rancangan dan mengimplementasikan
hasil rancangan e-modul pembelajaran ekonomi berbasis CoLT dan mengetahui respon guru
dan siswa terhadap pengembangan e-modul pembelajaran ekonomi berbasis CoLT di SMA
Negeri 5 Samarinda. Model pembelajaran yang diterapkan dalam pengembangan modul
elektronik ini adalah model Collaborative Learning Techniques. Jenis penelitian yang
digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan dengan model
pengembangan ADDIE. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas X di SMA Negeri 5
Samarinda tahun ajaran 2019/2020. Untuk mengetahui respon guru dan siswa terhadap e modul sistem komputer diperoleh dengan menggunakan metode angket. Hasil penelitian
yang diperoleh terlihat bahwa hasil rancangan dan implementasi e-modul berbasis CoLT
yang telah dikembangkan pada mata pelajaran ekonomi untuk kelas X di SMA Negeri 5
Samarinda dinyatakan berhasil diterapkan berdasarkan beberapa uji yang dilakukan.