Show simple item record

dc.contributor.authorOktaviana, Oktaviana
dc.contributor.authorIis Intan, Widiyowati,
dc.contributor.authorUsman, Usman
dc.date.accessioned2022-03-14T06:48:07Z
dc.date.available2022-03-14T06:48:07Z
dc.date.issued2019-02-10
dc.identifier.issnP-ISSN: 2615-8418; E-ISSN: 2615-8426
dc.identifier.urihttp://repository.unmul.ac.id/handle/123456789/26556
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengurangi miskonsepsi siswa pada pokok bahasan tata nama senyawa dan persamaan reaksi melalui penerapan model pembelajaran cooperative integrated reading and composition (CIRC) berbantuan media komik. Partisipan dalam penelitian ini adalah 31 siswa kelas X SMA jurusan MIPA. Partisipan dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Rancangan penelitian yang digunakan adalah one group pretest-postest design. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes diagnostic miskonsepsi yang dilengkapi dengan metode certainty of respon index (CRI). Dari hasil penelitian diperoleh data persentase miskonsepsi siswa sebelum penerapan CIRC adalah sebesar 47,32% dan sesudah penerapan adalah sebesar 25,03%, sehingga diperoleh penurunan miskonsepsi adalah sebesar 22,29%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut menunjukkan miskonsepsi siswa pada pokok bahasan tata nama senyawa dan persamaan reaksi dapat dikurangi dengan penerapan model pembelajaran CIRC berbantuan media komik.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherProgram Studi Pendidikan Kimia FKIP Unmulen_US
dc.subjectCIRC,en_US
dc.subjectpembelajaran langsung,en_US
dc.subjectkomik,en_US
dc.subjectmiskonsepsien_US
dc.titlePENERAPAN MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION BERBANTUAN KOMIK UNTUK MENGURANGI MISKONSEPSI SISWA TENTANG TATA NAMA SENYAWA DAN PERSAMAAN REAKSIen_US
dc.title.alternativeIMPLEMENTATION OF COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION LEARNING MODEL AIDED COMIC TO REDUCE STUDENT MISCONCEPTIONS ON THE COMPOUND NOMENCLATURES AND CHEMICAL REACTIONS SUBJECTen_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record