PENERAPAN MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION BERBANTUAN KOMIK UNTUK MENGURANGI MISKONSEPSI SISWA TENTANG TATA NAMA SENYAWA DAN PERSAMAAN REAKSI
Date
2019-02-10Author
Oktaviana, Oktaviana
Iis Intan, Widiyowati,
Usman, Usman
Metadata
Show full item recordAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengurangi miskonsepsi siswa pada pokok bahasan tata nama
senyawa dan persamaan reaksi melalui penerapan model pembelajaran cooperative integrated
reading and composition (CIRC) berbantuan media komik. Partisipan dalam penelitian ini
adalah 31 siswa kelas X SMA jurusan MIPA. Partisipan dipilih menggunakan teknik purposive
sampling. Rancangan penelitian yang digunakan adalah one group pretest-postest design.
Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes diagnostic miskonsepsi yang
dilengkapi dengan metode certainty of respon index (CRI). Dari hasil penelitian diperoleh data
persentase miskonsepsi siswa sebelum penerapan CIRC adalah sebesar 47,32% dan sesudah
penerapan adalah sebesar 25,03%, sehingga diperoleh penurunan miskonsepsi adalah sebesar
22,29%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut menunjukkan miskonsepsi siswa pada pokok
bahasan tata nama senyawa dan persamaan reaksi dapat dikurangi dengan penerapan model
pembelajaran CIRC berbantuan media komik.
Collections
- Turnitin Report [1573]