KEMAMPUAN SISWA DALAM MEMAHAMI MATERI BILANGAN DI KELAS VII SMP NEGERI KECAMATAN LOA JANAN IL
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan pendekatan kuantitatif dan
kualitatif, yang bertujuan untuk mengetahui kemampuan siswa dalam melakukan operasi
hitung campuran, serta kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah pada materi bilangan
bulat dan pecahan di kelas VII SMP Negeri Kecamatan Loa Janan Ilir tahun ajaran 2019/2020.
Penelitian ini dilaksanakan pada bulan September – Oktober tahun 2019, dengan subjek
penelitian sebanyak 154 siswa. Pengumpulan data menggunakan tes tertulis berupa soal uraian
sebanyak 14 butir soal dan wawancara. Teknik analisis data meliputi penilaian hasil tes
kemampuan, pengelompokan siswa berdsarkan hasil tes kemampuan, penyajian data, dan
penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan siswa dalam
melakukan operasi hitung campuran pada materi bilangan bulat dan pecahan di kelas VII SMP
Negeri Kecamatan Loa Janan Ilir tahun ajaran 2019/2020 tergolong kurang dengan rata-rata
persentase 33,14% dan kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah pada materi bilangan
bulat dan pecahan tergolong kurang sekali dengan rata-rata persentase 3,15%