Dampak Sertifikasi Guru Terhadap Peningkatan Kinerja Dan Kompetensi Guru Di Kalimantan Timur
Abstract
Sertifikasi pendidik merupakan upaya peningkatan mutu guru dibarengi dengan peningkatan kesejahteraan guru, sehingga diharapkan dapat meningkatkan profesionalitas guru dan mutu pendidikan di Indonesia secara berkelanjutan. Kajian ini bertujuan untuk mengetahui dampak sertifikasi guru terhadap kompetensi dan kinerjanya. Penelitian dilaksanakan di 5 kabupaten/Kota di Kalimantan Timur. Dari hasil penelitian ini diperoleh informasi bahwa sertifikasi guru di Kaltim memberi dampak positif dalam peningkatan mutu dan kinerja guru dengan skor lebih 80%. Namun, standar kinerja yang dipenuhi oleh guru, cenderung hanya bersifat pemenuhan kewajiban dan belum merupakan perwujudan dari budaya kerja profesional. Hasil olahan data memetakan menjadi 2 blok dalam peningkatan mutu guru yaitu kelompok pertama kompetensi pedagogi dan sosial, yang menunjukkan bahwa kompetensi pedagogi dan sosial dapat secara independen atau bersamaan membentuk tingkat profesionalisme guru. Sedangkan kelompok kedua terdiri atas kompetensi profesional dan kepribadian mampu menunjukkan secara independen atau bersamaan membentuk tingkat profesionalisme guru tersertifikasi.