Show simple item record

dc.contributor.authorSaraswati, Retno Dien
dc.contributor.authorKusumawardani, Ratna
dc.contributor.authorUsman
dc.date.accessioned2022-02-20T11:21:12Z
dc.date.available2022-02-20T11:21:12Z
dc.date.issued2018
dc.identifier.issn2655-8556 (media cetak)
dc.identifier.urihttp://repository.unmul.ac.id/handle/123456789/20831
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan proses sains (KPS) siswa kelas XI IPA 4 SMAN 5 Samarinda pada pokok bahasan koloid yang diajar dengan model pembelajaran process oriented guided inquiry learning (POGIL) dipadukan dengan metode praktikum. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif. KPS siswa diukur menggunakan soal posttest yang berisikan indikator KPS yaitu keterampilan memprediksi, keterampilan mengamati, keterampilan merencanakan penelitian, keterampilan mengklasifikasi, keterampilan mengkomunikasi dan keterampilan menyimpulkan. Hasil penelitian menunjukkan semua keterampilan siswa yang dikur tergolong kedalam kategori baik dengan nilai keterampilan memprediksi, mengamati, merencanakan penelitian, mengklasifikasi, mengkomunikasi dan menyimpulkan adalah 64,7;66,2; 77,4; 77,6; 74,2; dan 72,0. Secara keseluruhan KPS siswa kelas XI IPA 4 SMAN 5 Samarinda termasuk kategori baiken_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherSeminar Nasional Kimia dan Pendidikan Kimia 2018en_US
dc.subjectKPSen_US
dc.subjectprocess oriented guided inquiry learningen_US
dc.titleANALISIS KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA SMA YANG DIAJAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN POGIL DENGAN METODE PRAKTIKUM PADA POKOK BAHASAN KOLOIDen_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record