ANALISIS KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA SMA YANG DIAJAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN POGIL DENGAN METODE PRAKTIKUM PADA POKOK BAHASAN KOLOID
View/ Open
Date
2018Author
Saraswati, Retno Dien
Kusumawardani, Ratna
Usman
Metadata
Show full item recordAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan proses sains (KPS) siswa kelas XI IPA 4 SMAN 5 Samarinda pada pokok bahasan koloid yang diajar dengan model pembelajaran process oriented guided inquiry learning (POGIL) dipadukan dengan metode praktikum. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif. KPS siswa diukur menggunakan soal posttest yang berisikan indikator KPS yaitu keterampilan memprediksi, keterampilan mengamati, keterampilan merencanakan penelitian, keterampilan mengklasifikasi, keterampilan mengkomunikasi dan keterampilan menyimpulkan. Hasil penelitian menunjukkan semua keterampilan siswa yang dikur tergolong kedalam kategori baik dengan nilai keterampilan memprediksi, mengamati, merencanakan penelitian, mengklasifikasi, mengkomunikasi dan menyimpulkan adalah 64,7;66,2; 77,4; 77,6; 74,2; dan 72,0. Secara keseluruhan KPS siswa kelas XI IPA 4 SMAN 5 Samarinda termasuk kategori baik
Collections
- Turnitin Report [1573]