dc.contributor.author | Sanjaya, Arwin | |
dc.date.accessioned | 2022-02-20T03:45:52Z | |
dc.date.available | 2022-02-20T03:45:52Z | |
dc.date.issued | 2021-06-03 | |
dc.identifier.issn | 2714-5239 | |
dc.identifier.uri | http://repository.unmul.ac.id/handle/123456789/20812 | |
dc.description | Digital marketing di satu sisi memberikan kemudahhan bagi pelaku usaha untuk
memonitor dan menyediakan segala kebutuhan dan keinginan bagi calon konsumen,
begitupun sebaliknya dari sisi calon konsumen adanya digital marketing memberi kemudahan
dalam mencari dan mendapatkan informasi dari suatu produk yang diinginkan tanpa perlu
untuk mengunjungi toko secara langsung (Mileva & DH, 2018). Bagi pelaku UMKM,
pemanfaatan digital marketing menjadi solusi paling tepat untuk bertahan ditengah pandemi
covid-19 baik pemanfaatan dalam melakukan pemasaran maupun transaksi online,
pendekatan pada era digital ini semua layanan berbasis teknologi. Teknologi yang muncul
salah satunya meningkatnya aktivitas melalui jejaring sosial (Merida et al., 2021). Salah satu
alat digital marketing yang dapat dimanfaatkan oleh pelaku UMKM ialah sosial media
Instagram. | en_US |
dc.description.abstract | Era Revolusi Industri 4.0 membawa dampak positif untuk bangsa terutama bagi para pelaku usaha.
Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi mulai merambah ke bidang digital marketing. Sosial
media adalah salah satu bentuk alat digital marketing yang dapat digunakan oleh UMKM dalam
memperluas pangsa pasarnya ditengah pandemi covid-19. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat
yang bertujuan untuk memberikan pendampingan kepada UMKM Kopitan yang berada di Samarinda
dalam memperbaharui strategi pemasaran berbasis internet selama pandemi covid-19 berlangsung.
Metode pelaksanaan yang digunakan adalah dengan memanfaatkan sosial media instagram.
Instagram dianggap sebagai sosial media yang sangat berpengaruh dalam dunia bisnis saat ini, dengan
memanfaatkan fitur instagram ads diharapkan dapat menarik lebih banyak konsumen khususnya
yang berada disekitar kota Samarinda untuk berkunjung ke beranda instagram Kopitan. Selain
instagram, metode lain yang digunakan yaitu pemanfaatan website qrmonkey dalam pembuatan
katalog menu digital dan Go-food serta Google Maps yang digunakan dalam pembaharuan konten
untuk menunjang pemasaran produk. Hasil kegiatan kegiatan ini membuat UMKM Kopitan dapat
memanfaatkan sosial media secara optimal dalam memasarkan produknya | en_US |
dc.publisher | Jurnal PLAKAT | en_US |
dc.subject | UMKM; Covid-19; digital marketing; sosial media; Kopitan | en_US |
dc.title | Pemanfaatan Digital Marketing Dalam Memasarkan Produk di Masa Pandemi Covid-19 | en_US |
dc.title.alternative | Pemanfaatan Digital Marketing Dalam Memasarkan Produk di Masa Pandemi Covid-19 | en_US |
dc.type | Article | en_US |