Pemanfaatan Digital Marketing Dalam Memasarkan Produk di Masa Pandemi Covid-19
Abstract
Era Revolusi Industri 4.0 membawa dampak positif untuk bangsa terutama bagi para pelaku usaha.
Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi mulai merambah ke bidang digital marketing. Sosial
media adalah salah satu bentuk alat digital marketing yang dapat digunakan oleh UMKM dalam
memperluas pangsa pasarnya ditengah pandemi covid-19. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat
yang bertujuan untuk memberikan pendampingan kepada UMKM Kopitan yang berada di Samarinda
dalam memperbaharui strategi pemasaran berbasis internet selama pandemi covid-19 berlangsung.
Metode pelaksanaan yang digunakan adalah dengan memanfaatkan sosial media instagram.
Instagram dianggap sebagai sosial media yang sangat berpengaruh dalam dunia bisnis saat ini, dengan
memanfaatkan fitur instagram ads diharapkan dapat menarik lebih banyak konsumen khususnya
yang berada disekitar kota Samarinda untuk berkunjung ke beranda instagram Kopitan. Selain
instagram, metode lain yang digunakan yaitu pemanfaatan website qrmonkey dalam pembuatan
katalog menu digital dan Go-food serta Google Maps yang digunakan dalam pembaharuan konten
untuk menunjang pemasaran produk. Hasil kegiatan kegiatan ini membuat UMKM Kopitan dapat
memanfaatkan sosial media secara optimal dalam memasarkan produknya