dc.contributor.author | Marsuki, Sulastria | |
dc.contributor.author | Nurhadi, Mukhamad | |
dc.contributor.author | Usman | |
dc.date.accessioned | 2022-02-19T11:29:34Z | |
dc.date.available | 2022-02-19T11:29:34Z | |
dc.date.issued | 2019-09 | |
dc.identifier.issn | P-ISSN: 2615-8418; E-ISSN: 2615-8426 | |
dc.identifier.uri | http://repository.unmul.ac.id/handle/123456789/20794 | |
dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan pendekatan contextual teaching and learning(CTL)dengan model pembelajaran problem posingterhadap hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 13 Samarinda pada materi hidrokarbon. Sampeldalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 13 Samarinda, yaitusiswa kelas X-5 dan X-7 dengan masing-masing kelas berjumlah 30 orangyang diambil secara purposive sampling. Siswa kelas X-5 diajardengan pendekatan CTL dan model pembelajaran problem posing, sedangkan kelas X-7 diajar menggunakan model pembelajaran langsung. Data penelitian dianalisis dengan menggunakan uji F dan Uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwanilai kelas X-5 lebih baik dibanding nilai siswa kelas X-7 secara signifikan (α=5%).Terdapat pengaruh signifikan penggunaan pendekatan CTL dengan model pembelajaran problem posingterhadap hasil belajar sampelpada materi hidrokarbon | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Bivalen Chemical Studies Journal | en_US |
dc.relation.ispartofseries | Volume 2;issue 2 | |
dc.subject | CTL | en_US |
dc.subject | problem solving | en_US |
dc.subject | hidrokarbon | en_US |
dc.title | PENGARUH PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNINGDENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING TERHADAPHASILBELAJARSISWAPADA MATERI HIDROKARBON | en_US |
dc.type | Article | en_US |