PENGARUH PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNINGDENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING TERHADAPHASILBELAJARSISWAPADA MATERI HIDROKARBON
View/ Open
Date
2019-09Author
Marsuki, Sulastria
Nurhadi, Mukhamad
Usman
Metadata
Show full item recordAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan pendekatan contextual teaching and learning(CTL)dengan model pembelajaran problem posingterhadap hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 13 Samarinda pada materi hidrokarbon. Sampeldalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 13 Samarinda, yaitusiswa kelas X-5 dan X-7 dengan masing-masing kelas berjumlah 30 orangyang diambil secara purposive sampling. Siswa kelas X-5 diajardengan pendekatan CTL dan model pembelajaran problem posing, sedangkan kelas X-7 diajar menggunakan model pembelajaran langsung. Data penelitian dianalisis dengan menggunakan uji F dan Uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwanilai kelas X-5 lebih baik dibanding nilai siswa kelas X-7 secara signifikan (α=5%).Terdapat pengaruh signifikan penggunaan pendekatan CTL dengan model pembelajaran problem posingterhadap hasil belajar sampelpada materi hidrokarbon
Collections
- Turnitin Report [1572]