Show simple item record

dc.contributor.authorMayangsari, Putri Wulan
dc.contributor.authorUsman
dc.contributor.authorKusumawardani, Ratna
dc.date.accessioned2022-02-19T08:45:10Z
dc.date.available2022-02-19T08:45:10Z
dc.date.issued2019-09
dc.identifier.issnP-ISSN: 2615-8418; E-ISSN: 2615-8426
dc.identifier.urihttp://repository.unmul.ac.id/handle/123456789/20793
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar dan soft-skills siswa SMA pada materi hukum dasar kimia. Penelitian ini dilkasanakan di SMA Negeri 6 Balikpapan. Jenis penelitian ini tergolong ke dalam quasi experimental. Sampel dipilih dengan teknik purposive samplingadalah siswa kelas X yang berasal dari kelas X MIPA 2 dan X MIPA 3, masing-masing berjumlah 35 siswa. Siswa kelas X MIPA 3 diajar menggunakan model pembelajaran inkuiri (kelas eksperimen) dan siswa kelas X MIPA 2 diajar menggunakan model pembelajaran langsung (kelas kontrol). Hasil belajar dan soft-skillssiswa dianalisis denganmenggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar dan soft-skillssiswa kelas eksperimen lebih baik secara signifikan (α=0,05) dibanding siswa kelas kontrol. Penggunaan model pembelajaran inkuiri berpengaruh terhadap hasil belajar dan kemampuan soft-skills siswa pada materi hukum dasar kimiaen_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherBivalen Chemical Studies Journalen_US
dc.relation.ispartofseriesVolume 2;issue 2
dc.subjectinkuirien_US
dc.subjecthasil belajaren_US
dc.subjectsoft-skillsen_US
dc.subjecthukum dasar kimiaen_US
dc.titlePENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KEMAMPUAN SOFT-SKILLS SISWA SMA PADA MATERI HUKUM DASAR KIMIAen_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record