PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KEMAMPUAN SOFT-SKILLS SISWA SMA PADA MATERI HUKUM DASAR KIMIA
View/ Open
Date
2019-09Author
Mayangsari, Putri Wulan
Usman
Kusumawardani, Ratna
Metadata
Show full item recordAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar dan soft-skills siswa SMA pada materi hukum dasar kimia. Penelitian ini dilkasanakan di SMA Negeri 6 Balikpapan. Jenis penelitian ini tergolong ke dalam quasi experimental. Sampel dipilih dengan teknik purposive samplingadalah siswa kelas X yang berasal dari kelas X MIPA 2 dan X MIPA 3, masing-masing berjumlah 35 siswa. Siswa kelas X MIPA 3 diajar menggunakan model pembelajaran inkuiri (kelas eksperimen) dan siswa kelas X MIPA 2 diajar menggunakan model pembelajaran langsung (kelas kontrol). Hasil belajar dan soft-skillssiswa dianalisis denganmenggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar dan soft-skillssiswa kelas eksperimen lebih baik secara signifikan (α=0,05) dibanding siswa kelas kontrol. Penggunaan model pembelajaran inkuiri berpengaruh terhadap hasil belajar dan kemampuan soft-skills siswa pada materi hukum dasar kimia
Collections
- Turnitin Report [1573]