View Item 
  •   Unmul Repository Home
  • Articles
  • A - Teacher Training and Education
  • View Item
  •   Unmul Repository Home
  • Articles
  • A - Teacher Training and Education
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

PENGARUH KECERDASAN INTRAPERSONAL DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI DI KECAMATAN SAMARINDA ULU TAHUN AJARAN 2013/2014

Thumbnail
View/Open
Jurnal (708.6Kb)
Date
2017-11-29
Author
Usfandi, Haryaka
Metadata
Show full item record
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan intrapersonal dan lingkungan keluarga terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri di Kecamatan Samarinda Ulu tahun 2013/2014. Dari 4 sekolah yang berbeda, ditentukan 388 siswa sebagai sampel dengan Teknik proportional random sampling. Sebelum penelitian dilaksanakan, diadakan uji coba instrument penelitian pada siswa di SMP Negeri 7 Samarinda kelas VIIIB yang berjumlah 31 siswa. Analisis data menggunakan statistik deskriptif dan regresi linier ganda dengan taraf signifikan 5%. Hasil skor rata-rata kecerdasan intrapersonal sebesar 46,98 kategori sedang, lingkungan keluarga sebesar 114,10 kategori sedang, dan nilai rata-rata dari hasil belajar matematika siswa adalah 47,14. Hal ini berarti hasil belajar matematika siswakelas VII di Kecamatan Samarinda Ulu tergolong kategori sedang.Hasil analisis inferensial diperoleh persamaan penduga dengan Fhit=242,73serta Ftabel= 3,00. Disimpulkan bahwa terdapat pengaruh kecerdasan intrapersonal dan lingkungan keluarga terhadap hasil belajar matematika. Koefisien determinasi menunjukkan bahwa 58,8% model regresi dugaan dapat menjelaskan pengaruh kecerdasan intrapersonal dan lingkungan keluarga terhadap hasil belajar matematika. Untuk kecerdasan intrapersonal diperoleh thitung = 20,82 dan ttabel = 1,96; terdapat pengaruh antara kecerdasan intrapersonal terhadap hasil belajar matematika. Lingkungan keluarga siswa diperoleh thitung = 3,89 dan ttabel = 1,96 menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara lingkungan keluarga terhadap hasil belajar matematika.
URI
http://repository.unmul.ac.id/handle/123456789/20763
Collections
  • A - Teacher Training and Education [740]

Repository Universitas Mulawarman copyright ©   LP3M Universitas Mulawarman
Jalan Kuaro Kotak Pos 1068
Telp. (0541) 741118
Fax. (0541) 747479 - 732870
Samarinda 75119, Kalimantan Timur, Indonesia
Contact Us | Send Feedback
 

 

Browse

All of Unmul RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

Login

Repository Universitas Mulawarman copyright ©   LP3M Universitas Mulawarman
Jalan Kuaro Kotak Pos 1068
Telp. (0541) 741118
Fax. (0541) 747479 - 732870
Samarinda 75119, Kalimantan Timur, Indonesia
Contact Us | Send Feedback