PENGARUH MEDIA MONOPOLI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMA PADA POKOK BAHASAN LARUTAN ELEKTROLIT DAN NONELEKTROLIT
Date
2019-09Author
Ravinah, Wa Rizka
Usman, Usman
Kusumawardani, Ratna
Metadata
Show full item recordAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media monopoli dalam model pembelajaran
kooperatif tipe teams games tournament (TGT) terhadap hasil belajar siswa SMA pada pokok
bahasan larutan elektrolit dan nonelektrolit. Jenis penelitian ini tergolong quasi experiment.
Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X-A (kelas kontrol, 36 siswa) dan kelas X-C
(kelas eksperimen, 36 siswa) SMAN N 11 Samarinda yang dipilih menggunakan teknik
purposive sampling. Kedua kelas diajar matteri larutan elektrolit dan nonelektrolit
menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT, kelas eksperimen menggunakan media
monopoli, sedangkan kelas kontrol tanpa menggunakan modopoli. Data hasil belajar siswa pada
pokok bahasan sebelumnya digunakan untuk uji homogenitas sampel dan diperoleh
menggunakan tenik dokumentasi. Data hasil belajar siswa setelah diberi perlakuan diperoleh
dengan tenik tes. Nilai hasil belajar siswa yang diperoleh dari masing-masing 30% nilai posttest pertemuan pertama dan kedua dan 40% nilai ulangan harian. Uji normalitas sampel
menggunakan uji chi-square, uji homogenitas sampel menggunakan uji F dan uji pengaruh
menggunakan uji t. Semua uji dilakukan pada taraf signifikan 5%. Penelitian ini membuktikan
bahwa penggunaan media monopoli dalam model pembelajaran kooperatif tipe TGT
mmempengaruhi hasil belajar siswa SMA pada pokok bahasan larutan elektrolit dan
nonelektrolit.