Pengaruh model pembelajaran IKRAR dengan metode eksperimen terhadap hasil belajar siswa SMA pada materi larutan asam dan basa
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran IKRAR (Inisiasi, KonstruksiRekonstruksi, Aplikasi, dan Refleksi) dengan metode eksperimen terhadap hasil belajar siswa kelas XI
MIPA pada materi larutan asam dan basa di SMA Negeri 1 Kota Bangun tahun ajaran 2017/2018. Sampel
dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA 3 dan XI MIPA 4 yang menggunakan teknik purposive
sampling dengan jumlah siswa masing-masing kelas sebanyak 29 siswa. Teknik pengumpulan data
dilakukan melalui teknik tes yang diberikan pada post-test dan ulangan akhir bab. Uji statistik dilakukan
dengan uji t. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen adalah 78,44
dan kelas kontrol adalah 73,64. Hasil uji t menunjukkan bahwa kedua hasil belajar siswa kelas sampel
berbeda signifikan. Jadi terdapat pengaruh model pembelajaran IKRAR dengan metode eksperimen
terhadap hasil belajar siswa kelas XI MIPA pada materi larutan asam dan basa di SMA Negeri 1 Kota
Bangun tahun ajaran 2017/2018.