dc.contributor.author | Mayangsari, Putri Wulan | |
dc.contributor.author | Usman | |
dc.contributor.author | Kusumawardani, Ratna | |
dc.date.accessioned | 2022-01-29T08:57:43Z | |
dc.date.available | 2022-01-29T08:57:43Z | |
dc.date.issued | 2019-09 | |
dc.identifier.citation | 0 | en_US |
dc.identifier.issn | P-ISSN: 2615-8418; E-ISSN: 2615-8426 | |
dc.identifier.uri | http://repository.unmul.ac.id/handle/123456789/19741 | |
dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar dan soft-skills siswa SMA pada materi hukum dasar kimia. Penelitian ini dilkasanakan di SMA Negeri 6 Balikpapan. Jenis penelitian ini tergolong ke dalam quasi experimental. Sampel dipilih dengan teknik purposive samplingadalah siswa kelas X yang berasal dari kelas X MIPA 2 dan X MIPA 3, masing-masing berjumlah 35 siswa. Siswa kelas X MIPA 3 diajar menggunakan model pembelajaran inkuiri (kelas eksperimen) dan siswa kelas X MIPA 2 diajar menggunakan model pembelajaran langsung (kelas kontrol). Hasil belajar dan soft-skillssiswa dianalisis denganmenggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar dan soft-skillssiswa kelas eksperimen lebih baik secara signifikan (α=0,05) dibanding siswa kelas kontrol. Penggunaan model pembelajaran inkuiri berpengaruh terhadap hasil belajar dan kemampuan soft-skills siswa pada materi hukum dasar kimia | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Bivalen Chemical Studies Journal | en_US |
dc.relation.ispartofseries | Volume 2;issue 2 | |
dc.subject | inkuiri | en_US |
dc.subject | hasil belajar | en_US |
dc.subject | soft-skills | en_US |
dc.subject | hukum dasar kimia | en_US |
dc.title | PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP HASILBELAJARDAN KEMAMPUAN SOFT-SKILLSSISWASMAPADAMATERIHUKUMDASARKIMIA | en_US |
dc.type | Article | en_US |