PENGARUH MEDIA MONOPOLI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMA PADAPOKOK BAHASAN LARUTAN ELEKTROLIT DAN NONELEKTROLIT
View/ Open
Date
2019-09Author
Ravinah, Wa Rizka
Usman
Kusumawardani, Ratna
Metadata
Show full item recordAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media monopoli dalam model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament(TGT)terhadap hasil belajar siswa SMA pada pokok bahasan larutan elektrolit dan nonelektrolit. Jenis penelitian ini tergolong quasi experiment. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X-A (kelas kontrol, 36 siswa) dan kelas X-C (kelas eksperimen, 36 siswa) SMAN N 11 Samarinda yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Kedua kelas diajarmatteri larutan elektrolit dan nonelektrolit menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT, kelas eksperimen menggunakan media monopoli, sedangkan kelas kontrol tanpa menggunakan modopoli.Data hasil belajar siswa pada pokok bahasan sebelumnyadigunakan untuk uji homogenitas sampel dan diperoleh menggunakan tenik dokumentasi. Data hasil belajar siswa setelah diberi perlakuan diperoleh dengan tenik tes.Nilai hasil belajarsiswa yang diperoleh dari masing-masing 30% nilai post-testpertemuan pertamadankedua dan 40% nilai ulangan harian.Uji normalitas sampel menggunakan uji chi-square, uji homogenitas sampel menggunakan uji F dan uji pengaruh menggunakan uji t. Semua uji dilakukan pada taraf signifikan 5%.Penelitian ini membuktikan bahwa penggunaan media monopoli dalam model pembelajaran kooperatif tipe TGT mmempengaruhihasil belajar siswa SMA pada pokok bahasan larutan elektrolit dan nonelektrolit.