dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika siswa
melalui model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada materi lingkaran di kelas VIII. Jenis
penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII B sebanyak 32 siswa dan objek penelitian adalah model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw.
Data diperoleh dari dokumentasi, yaitu nilai dasar, Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), kuis,
tes akhir siklus, dan observasi. Penelitian ini dilakukan sebanyak tiga siklus, untuk setiap
siklus dilaksanakan sebanyak tiga kali pertemuan. Dalam penelitian, peneliti bertindak
sebagai pelaksana dalam pembelajaran, sedangkan guru matematika kelas VIII-B dan rekan
peneliti sebagai observer. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif berupa nilai
rata-rata hasil belajar siswa dan persentase peningkatan hasil belajar siswa. Hasil analisis data
menunjukkan terjadinya peningkatan nilai rata-rata hasil belajar siswa, peningkatan
persentase ketuntasan, serta peningkatan hasil observasi terhadap aktivitas guru dan siswa
pada setiap siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar
matematika siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada materi lingkaran
di kelas VIII. | en_US |