PENGARUH LOCUS OF CONTROL INTERNAL DAN INTERAKSI TEMAN SEBAYA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh locus of control internal dan
interaksi teman sebaya terhadap hasil belajar matematika siswa. Jenis penelitian yang
digunakan adalah ex post facto. Dalam penelitian ini terdapat dua variabel bebas yaitu
Locus of Control Internal (X1) dan Interaksi Teman Sebaya (X2) serta satu variabel terikat
yaitu Hasil Belajar Matematika (Y). Populasi Penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA
SMA Negeri 1 Tenggarong yang terdiri dari 5 kelas dan berjumlah 160 siswa. Teknik
pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan simple random sampling.
Sampel dalam penelitian ini adalah 129 siswa. Hasil analisis menunjukkan bahwa locus
of control internal dan interaksi teman sebaya siswa tergolong sedang, sedangkan untuk
hasil belajar siswa tergolong pada kategori rendah. Hasil analisis inferensial
menggunakan regresi linier ganda, diperoleh bahwa terdapat pengaruh antara locus of
control internal dan interaksi teman sebaya terhadap hasil belajar matematika. Nilai
R
2=0,369 menunjukkan bahwa kontribusi locus of control internal dan interaksi teman
sebaya secara simultan terhadap hasil belajar matematika adalah 36,9%