Pengembangan Instrumen Asesmen Higher Order Thinking Skills (HOTS) pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia SMA dan SMK
View/ Open
Date
2020-01-21Author
Sutami, Sutami
Hudiyono, Yusak
Ilyas, M.
Metadata
Show full item recordAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan instrumen asesmen bahasa Indonesia berupa
soal tes HOTS yang valid dan reliabel dan mendeskripsikan kualitas soal tes HOTS untuk mengukur
keterampilan berpikir tingkat tinggi pada peserta didik SMA dan SMK kelas X semester 1.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang diadaptasi dari model pengembangan Borg
& Gall, yang meliputi langkah-langkah sebagai berikut: penelitian pendahuluan, perencanaan,
pengembangan produk awal, revisi produk awal, uji coba terbatas, uji coba lapangan, dan revisi
produk akhir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa instrumen asesmen HOTS berupa soal tes
HOTS yang terdiri dari 40 butir soal pilihan ganda dan 5 butir soal uraian dari aspek materi,
konstruksi, dan bahasa dinyatakan valid dan layak digunakan. Instrumen tersebut mempunyai
koefisien reliabilitas sebesar 0,88 kategori sangat tinggi untuk soal pilihan ganda dan sebesar 0,79
kategori tinggi untuk soal uraian. Soal pilihan ganda memiliki rata-rata tingkat kesukaran 0,57
(sedang), rata-rata daya pembeda 0,44 (baik), dan semua pengecoh berfungsi baik. Soal uraian
memiliki rata-rata tingkat kesukaran 0,60 (sedang) dengan rata-rata daya pembeda 0,45 (baik).