Show simple item record

dc.contributor.authorSukriadi
dc.contributor.authorKarmila, Wulan
dc.contributor.authorSiddik, Mohammad
dc.contributor.authorMustamiroh
dc.contributor.authorKusdar
dc.date.accessioned2022-01-21T16:13:42Z
dc.date.available2022-01-21T16:13:42Z
dc.date.issued2021-03
dc.identifier.issn2623-0232
dc.identifier.urihttp://repository.unmul.ac.id/handle/123456789/18208
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika tema pengalamanku setelah menerapkan pembelajaran menggunakan media konkret. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilakukan dalam dua siklus dan masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Prosedur penelitian terdiri dari empat tahap yaitu, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi dan tes. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa, dan tes soal evaluasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan perhitungan rata-rata, persentase, dan grafik. Hasil yang diperoleh dari nilai awal rata-rata siswa 51,71 meningkat pada siklus I sebesar 72,04 dengan persentase peningkatan nilai awal sebesar 17.86% menjadi 39,29%, siklus II sebesar 87.20 dengan persentase peningkatan menjadi 85.71%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media konkret pada tema pengelamanku muatan mata pelajaran matematika dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas I SD Negeri 008 Samarinda Ulu.en_US
dc.publisherUniversitas Pakuanen_US
dc.subjecthasil belajaren_US
dc.subjectmatematikaen_US
dc.subjectpengalamankuen_US
dc.subjectmedia konkreten_US
dc.titlePeningkatan Hasil Belajar Matematika Tema Pengalamanku Menggunakan Media Konkret pada Siswa Kelas I Sekolah Dasaren_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record