Show simple item record

dc.contributor.authorPALEMMAI MANGGA, LABULAN
dc.date.accessioned2022-01-21T09:46:59Z
dc.date.available2022-01-21T09:46:59Z
dc.date.issued2021-10-29
dc.identifier.urihttp://repository.unmul.ac.id/handle/123456789/17786
dc.description.abstractBuku teks menjadi kebutuhan utama dalam proses pembelajaran yang mengakibatkan beragamnya buku teks dari berbagai penerbit buku. Meskipun Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) telah menilai kesesuaian buku teks, namun tidak menutup kemungkinan terjadi kesalahan. Sehingga, dengan adanya penelitian ini dapat diketahui jenis-jenis kesalahan dalam buku teks matematika kelas XI SMA/MA Kurikulum 2013. Jenis kesalahan yang dimaksud adalah jenis kesalahan berdasarkan objek matematika yang diantaranya kesalahan fakta, konsep, prinsip, dan operasi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik analisis data dari penelitian ini adalah teknik Miles dan Huberman. Teknik pengumpulan data dari penelitian ini adalah analisis konten. Hasil dari penelitian ini adalah 8 kesalahan terkait fakta, 12 kesalahan terkait konsep, 12 kesalahan terkait prinsip dan 18 kesalahan terkait operasi. Hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai referensi dalam memilih buku teks matematika yang baik dan tepat.en_US
dc.publisherJurnal Magister Pendidikan Matematika (Jumadika)en_US
dc.subjectanalisis kesalahanen_US
dc.subjectbuku teks matematikaen_US
dc.subjectkurikulum 2013en_US
dc.subjectobjek matematikaen_US
dc.titleANALISIS KESALAHAN BUKU TEKS MATEMATIKA KELAS XI SMA/MA KURIKULUM 2013en_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record