| dc.description.abstract | Buku teks menjadi kebutuhan utama dalam proses pembelajaran yang mengakibatkan beragamnya buku 
teks dari berbagai penerbit buku. Meskipun Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) telah menilai 
kesesuaian buku teks, namun tidak menutup kemungkinan terjadi kesalahan. Sehingga, dengan adanya 
penelitian ini dapat diketahui jenis-jenis kesalahan dalam buku teks matematika kelas XI SMA/MA 
Kurikulum 2013. Jenis kesalahan yang dimaksud adalah jenis kesalahan berdasarkan objek matematika 
yang diantaranya kesalahan fakta, konsep, prinsip, dan operasi. Penelitian ini menggunakan metode
penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik analisis data dari penelitian ini adalah teknik 
Miles dan Huberman. Teknik pengumpulan data dari penelitian ini adalah analisis konten. Hasil dari 
penelitian ini adalah 8 kesalahan terkait fakta, 12 kesalahan terkait konsep, 12 kesalahan terkait prinsip dan 
18 kesalahan terkait operasi. Hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai referensi dalam memilih buku teks 
matematika yang baik dan tepat. | en_US |