dc.contributor.author | Ningrum, Mei Vita Romadon | |
dc.date.accessioned | 2022-01-19T06:14:06Z | |
dc.date.available | 2022-01-19T06:14:06Z | |
dc.date.issued | 2021-06-30 | |
dc.identifier.citation | - | en_US |
dc.identifier.issn | 2615-4781 | |
dc.identifier.uri | http://repository.unmul.ac.id/handle/123456789/15745 | |
dc.description | Vol : 6, No : 1, Juni 2021 | | en_US |
dc.description.abstract | Pembelajaran Discovery Learning merupakan model yang mengajak siswa belajar aktif menemukan sendiri
pengetahuannya. Sedangkan Problem Based Learning merupakan model pembelajaran dimana siswa dituntut
aktif untuk memperoleh konsep dengan cara memecahkan masalah Penelitian ini bertujuan: (1) Menganalisis
hasil belajar geografi menggunakan model pembelajaran discovery learning. (2) Untuk mengetahui hasil belajar
geografi menggunakan model pembelajaran problem based learning. (3) Untuk mengetahui perbedaan hasil
belajar geografi menggunakan model pembelajaran discovery learning dan model pembelajaran problem based
learning. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu (quasy-experiment) dengan dua kelas
menjadi kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil belajar kelas XI IPS 1
dengan nilai rata-rata sebesar 85,8 dan hasil belajar kelas XI IPS 2 dengan nilai rata-rata sebesar 84,1, terdapat
perbedaan yang signifikan antara model pembelajaran discovery learning dan model pembelajaran problem
based learning terhadap hasil belajar geografi pada siswa kelas XI SMA Negeri 17 Samarinda yang ditunjukkan
dengan hasil nilai thitung sebesar 2,833 yang dimana ttabel yang didapat 1,671 dimana 2,833 > 1,671 | en_US |
dc.description.sponsorship | - | en_US |
dc.publisher | Jurnal Georafflesia | en_US |
dc.relation.ispartofseries | Vol : 6, No : 1,;11-19 | |
dc.subject | Discovery, Problem Based, Learning, Hasil | en_US |
dc.title | Perbedaan Hasil Belajar Menggunakan Model Discovery Learning Dan Problem Based Learning Pada Materi Posisi Strategis Indonesia Sebagai Poros Maritim Dunia | en_US |
dc.title.alternative | Perbedaan Hasil Belajar Menggunakan Model Discovery Learning Dan Problem Based Learning Pada Materi Posisi Strategis Indonesia Sebagai Poros Maritim Dunia | en_US |
dc.type | Article | en_US |