Show simple item record

dc.contributor.authorNorma Putri, Nimas Ayu
dc.contributor.authorWidiyowati, Iis Intan
dc.contributor.authorMasruhim, Muhammad Amir
dc.date.accessioned2022-01-19T02:35:56Z
dc.date.available2022-01-19T02:35:56Z
dc.date.issued2021-05-31
dc.identifier.urihttp://repository.unmul.ac.id/handle/123456789/15601
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model flipped classroom terhadap hasil belajar siswa SMA pada pokok bahasan larutan penyangga. Jenis penelitian ini adalah true-experimental dengan desain post-test only control group design. Pembelajaran menggunakan e-learning Schoology. Sampel adalah siswa kelas XI IPA yang diambil menggunakan teknik cluster random sampling. Satu kelompok siswa diajar menggunakan model pembelajaran langsung (kelas kontrol) dan satu kelompok siswa diajar menggunakan model flipped classroom. Hasil belajar siswa diambil menggunakan teknik tes dari hasil post-test dan ulangan harian. Untuk mengetahui adanya pengaruh dilakukan uji t pada taraf signifikan 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih tinggi dari rata-rata hasil belajar siswa kelas kontrol dan berbeda signifikan. Hasil ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran flipped classroom terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan larutan penyangga.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherBachelor Degree Program of Chemical Education of Mulawarman University, Indonesiaen_US
dc.subjectFlipped Classroomen_US
dc.titlePengaruh model pembelajaran flipped classroom terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan larutan penyanggaen_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record