Pengaruh model pembelajaran flipped classroom terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan larutan penyangga
dc.contributor.author | Norma Putri, Nimas Ayu | |
dc.contributor.author | Widiyowati, Iis Intan | |
dc.contributor.author | Masruhim, Muhammad Amir | |
dc.date.accessioned | 2022-01-19T02:35:56Z | |
dc.date.available | 2022-01-19T02:35:56Z | |
dc.date.issued | 2021-05-31 | |
dc.identifier.uri | http://repository.unmul.ac.id/handle/123456789/15601 | |
dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model flipped classroom terhadap hasil belajar siswa SMA pada pokok bahasan larutan penyangga. Jenis penelitian ini adalah true-experimental dengan desain post-test only control group design. Pembelajaran menggunakan e-learning Schoology. Sampel adalah siswa kelas XI IPA yang diambil menggunakan teknik cluster random sampling. Satu kelompok siswa diajar menggunakan model pembelajaran langsung (kelas kontrol) dan satu kelompok siswa diajar menggunakan model flipped classroom. Hasil belajar siswa diambil menggunakan teknik tes dari hasil post-test dan ulangan harian. Untuk mengetahui adanya pengaruh dilakukan uji t pada taraf signifikan 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih tinggi dari rata-rata hasil belajar siswa kelas kontrol dan berbeda signifikan. Hasil ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran flipped classroom terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan larutan penyangga. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Bachelor Degree Program of Chemical Education of Mulawarman University, Indonesia | en_US |
dc.subject | Flipped Classroom | en_US |
dc.title | Pengaruh model pembelajaran flipped classroom terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan larutan penyangga | en_US |
dc.type | Article | en_US |