dc.contributor.author | Maisyarah, Maisyarah | |
dc.contributor.author | Basir, Abdul | |
dc.contributor.author | Azainil, Azainil | |
dc.date.accessioned | 2022-01-18T12:28:01Z | |
dc.date.available | 2022-01-18T12:28:01Z | |
dc.date.issued | 2021-03-05 | |
dc.identifier.issn | 2721-692 | |
dc.identifier.uri | http://repository.unmul.ac.id/handle/123456789/15153 | |
dc.description | Prosiding memuat artikel yang telah direview dan ditata oleh tim dalam kepanitian
seminar nasional. | en_US |
dc.description.abstract | Abstrak
Jenis penelitian ini adalah ex post facto, yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh
kemandirian belajar dan kecemasan siswa terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII
SMP Negeri 40 Samarinda tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan
Maret 2019. Dalam penelitian ini terdapat driabel bebas, yaitu kemandirian belajar (X1) dan
kecemasan siswa (X2), serta satu variabel terikat (Y) yaitu hasil belajar matematika (Y).
populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 40 Samarinda. Teknik
pengambilan sampel dalam penelitian adalah cluster random sampling. Sampel dalam
penelitian ini berjumlah 80 siswa. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari
angket dan tes. Angket digunakan untuk memperoleh data tentang kemandirian belajar dan
kecemasan siswa. Tes digunakan untuk memperoleh data hasil belajar matematika. Sebelum
mengadakan penelitian, angket dan tes diuji cobakan pada kelas VIII A yang bukan merupakan
sampel penelitian berjumlah 28 siswa. Berdasarkan analisis deskriptif diperoleh rata-rata skor
variabel kemandirian belajar 53,63 tergolong sedang dan rata-rata skor hasil belajar
matematika siswa sebesar 52,10 tergolong sedang. Berdsarkan analisis inferensial diperoleh p
= 0,000 pada 𝛼 = 0,05 sehingga 𝑝 < 𝛼 dan nilai koefisien jalur sebesar 0,414 artinya terdapat
pengaruh kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika siswa. Dan nilai keofisien
jalur sebesar 0,444 artinya terdapat pengaruh kecemasan siswa terhdap hasil belajar
matematika siswa. Selain itu diperoleh bahwa p = 0,000 pada 𝛼 = 0,05 sehingga 𝑝 < 𝛼 dan
nilai koefisien jalur sebesar 0,385, artinya terdapat pengaruh tidak langsung kecemasan siswa
terhadap hasil belajar matematika siswa melalui kemandirian belajar. | en_US |
dc.description.sponsorship | SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN MATEMATIKA, SAINS, GEOGRAFI, DAN KOMPUTER , FKIP UNMUL | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, Sains, Geografi, dan Komputer | en_US |
dc.relation.ispartofseries | Edisi;2 | |
dc.subject | Kemandirian Belajar, Kecemasan Siswa, Hasil Belajar Matematika | en_US |
dc.title | Pengaruh Kemandirian Belajar dan Kecemasan Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 40 Samarinda | en_US |
dc.type | Article | en_US |