ANALISIS PEMASARAN PISANG KEPOK DI DESA BUMI SEJAHTERA KECAMATAN KALIORANG KABUPATEN KUTAI TIMUR
Abstract
Pemasaran merupakan segala kegiatan yang menyangkut penyampaian produk atau jasa mulai dari
produsen sampai konsumen. Pisang kepok merupakan salah satu varietas pisang yang paling banyak
dibudidayakan karena harga dan permintaan yang tinggi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui
saluran pemasaran, biaya pemasaran, margin, share, profit, dan efisiensi pemasaran pisang kepok.
Penelitian ini dilaksanakan di Desa Bumi Sejahtera, Kecamatan Kaliorang, Kabupaten Kutai Timur dari
bulan April sampai Juli 2020. Penentuan sampel petani pisang menggunakan simple random sampling
dengan jumlah responden sebanyak 31 responden dan penentuan sampel lembaga pemasaran
menggunakan metode snowball sampling dengan jumlah responden sebanyak 21 responden. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa terdapat 3 saluran pemasaran pisang kepok yaitu saluran tingkat 2, 3, dan
4. Biaya pemasaran saluran 2, 3, dan 4 adalah Rp1.441,35 sisir-1
; Rp1.521,53 sisir-1
; dan Rp1.811,11 sisir1
. Margin pemasaran saluran 2, 3, dan 4 adalah Rp7.062,50 sisir-1
; Rp7.175,00 sisir-1
; dan Rp7.500,00
sisir-1
. Profit pemasaran saluran 2, 3, dan 4 adalah Rp5.651,20 sisir-1
; Rp5.653,47 sisir-1
; dan Rp5.688,89
sisir-1
. Share pemasaran saluran 2, 3, dan 4 adalah 45,67%; 43,72%; dan 42,31%. Saluran pemasaran
pisang kepok di Desa Bumi Sejahtera efisien karena nilai efisiensi < 50%.
Collections
- A - Agriculture [257]