Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.unmul.ac.id/handle/123456789/56481
Title: PENGARUH MINAT BELAJAR DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X MIPA MATERI TRIGONOMETRI
Authors: Tandiayu, Windy Natalia
Sugeng, Sugeng
Berahman, Berahman
Keywords: Minat $ Kemandirian belajar
Issue Date: Jan-2023
Publisher: Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif
Citation: Tandiayu, W. N., Sugeng, S., & Berahman, B. (2023). Pengaruh Minat Belajar dan Kemandirian Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X MIPA Materi Trigonometri. JPMI – Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 6 (1), 131-140.
Series/Report no.: Artikel Jurnal;Volume 6, No. 1, Januari 2023
Abstract: 1. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh minat belajar dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar siswa pada materi trigonometri kelas X MIPA SMA Negeri di Kota Bontang. Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif dengan metode ex-post facto. Populasi penelitian adalah siswa kelas X MIPA SMA Negeri di Kota Bontang yang terdiri dari 12 kelas sebanyak 427 siswa, dengan teknik Cluster Random Sampling diperoleh 6 kelas sebnayak 204 siswa. Instrumen penelitian menggunakan tes hasil belajar dan angket. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial (regresi ganda) dengan 𝛼 = 0,05. Berdasarkan hasil analisis statistik deskriptif, untuk minat belajar dikategorikan sedang (𝑥̅ = 60,99 ), untuk kemandirian belajar dikategorikan sedang (𝑥̅ = 58,06), dan untuk hasil belajar matematika siswa dikategorikan kurang (𝑥̅ = 41,76). Dari hasil uji simultan, diperoleh nilai (𝑆𝑖𝑔. 𝐹) sebesar 0,004 yang artinya model regresi berarti. Dari hasil uji parsial, untuk minat belajar diperoleh nilai (𝑆𝑖𝑔. 𝑡) sebesar 0,034, maka minat belajar berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa, sedangkan kemandirian belajar diperoleh nilai (𝑆𝑖𝑔. 𝑡) sebesar 0,715, maka kemandirian belajar tidak berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa.
URI: http://repository.unmul.ac.id/handle/123456789/56481
ISSN: 2614-221X (print) , 2614-2155 (online
Appears in Collections:A - Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
13901-Article Text-40100-1-10-20230121 (Artikel Windi-Sugeng-Berahman 2023).pdf327 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.