PENGARUH MINAT BELAJAR DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X MIPA MATERI TRIGONOMETRI
Date
2023-01Author
Tandiayu, Windy Natalia
Sugeng, Sugeng
Berahman, Berahman
Metadata
Show full item recordAbstract
1. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh minat belajar dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar siswa pada materi trigonometri kelas X MIPA SMA Negeri di Kota Bontang. Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif dengan metode ex-post facto. Populasi penelitian adalah siswa kelas X MIPA SMA Negeri di Kota Bontang yang terdiri dari 12 kelas sebanyak 427 siswa, dengan teknik Cluster Random Sampling diperoleh 6 kelas sebnayak 204 siswa. Instrumen penelitian menggunakan tes hasil belajar dan angket. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial (regresi ganda) dengan 𝛼 = 0,05. Berdasarkan hasil analisis statistik deskriptif, untuk minat belajar dikategorikan sedang (𝑥̅ = 60,99 ), untuk kemandirian belajar dikategorikan sedang (𝑥̅ = 58,06), dan untuk hasil belajar matematika siswa dikategorikan kurang (𝑥̅ = 41,76). Dari hasil uji simultan, diperoleh nilai (𝑆𝑖𝑔. 𝐹) sebesar 0,004 yang artinya model regresi berarti. Dari hasil uji parsial, untuk minat belajar diperoleh nilai (𝑆𝑖𝑔. 𝑡) sebesar 0,034, maka minat belajar berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa, sedangkan kemandirian belajar diperoleh nilai (𝑆𝑖𝑔. 𝑡) sebesar 0,715, maka kemandirian belajar tidak berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa.