Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.unmul.ac.id/handle/123456789/51724
Title: ANALISIS BUTIR SOAL MATEMATIKA SMP DENGAN PENDEKATAN TEORI TES KLASIK DAN TEORI RESPONS BUTIR
Authors: Sugeng, Sugeng
Asmawati, Aulia Ariski
Keywords: Analisis butir soal, Teori tes klasik, Teori respons butir
Issue Date: 25-Oct-2018
Publisher: FKIP Universitas Mulawarman
Citation: ANALISIS BUTIR SOAL MATEMATIKA SMP DENGAN PENDEKATAN TEORI TES KLASIK DAN TEORI RESPONS BUTIR
Series/Report no.: Laporan Penelitian;
Abstract: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) perbedaan dan kesamaan hasil analisis butir soal tes Matematika jenjang SMP dengan menggunakan Pendekatan Teori tes klasik dan Teori respons butir; dan (2) .hubungan hasil estimasi kemampuan dengan teori tes klasik dan teori respons butir (Item Response Theory, IRT). Penelitian ex post facto ini dilaksanakan di SMPN 2 Samarinda dan SMPN 5 Samarinda pada siswa kelas VIII sebanyak 144 orang pada tahun ajaran 2017/2018 semester genap. Penentuan sampel menggunakan teknik simple random sampling pada level sekolah. Perangkat soal tes Matematika sebanyak 20 butir disusun berdasarkan materi yang dipelajari siswa kelas VIII, meliputi materi Bilangan, Aljabar, dan Geometri & pengukuran. Data penelitian dianalisis menggunakan program aplikasi ITEMAN, untuk pendekatan Teori tes klasik; dan BILOG-MG untuk pendekatan Teori respons butir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis butir soal Pilihan Ganda menggunakan Teori respons butir lebih menghasilkan butir soal tes yang lebih kualitas daripada menggunakan pendekatan teori tes klasik (ditinjau dari parameter Tingkat kesukaran, Daya pembeda, dan koefisien reliabilitas). Koefisien reliabilitas hasil analsisi BILOG-MG ini menunjukkan tingkat konsistensi yang lebih tinggi daripada hasil ITEMAN.
URI: http://repository.unmul.ac.id/handle/123456789/51724
Appears in Collections:Reports

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Analisis butir (Sug+Aulia) 2018.pdfAnalisis butir492.64 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.