ANALISIS BUTIR SOAL MATEMATIKA SMP DENGAN PENDEKATAN TEORI TES KLASIK DAN TEORI RESPONS BUTIR
View/ Open
Date
2018-10-25Author
Sugeng, Sugeng
Asmawati, Aulia Ariski
Metadata
Show full item recordAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) perbedaan dan kesamaan hasil analisis butir soal tes Matematika jenjang SMP dengan menggunakan Pendekatan Teori tes klasik dan Teori respons butir; dan (2) .hubungan hasil estimasi kemampuan dengan teori tes klasik dan teori respons butir (Item Response Theory, IRT). Penelitian ex post facto ini dilaksanakan di SMPN 2 Samarinda dan SMPN 5 Samarinda pada siswa kelas VIII sebanyak 144 orang pada tahun ajaran 2017/2018 semester genap. Penentuan sampel menggunakan teknik simple random sampling pada level sekolah. Perangkat soal tes Matematika sebanyak 20 butir disusun berdasarkan materi yang dipelajari siswa kelas VIII, meliputi materi Bilangan, Aljabar, dan Geometri & pengukuran. Data penelitian dianalisis menggunakan program aplikasi ITEMAN, untuk pendekatan Teori tes klasik; dan BILOG-MG untuk pendekatan Teori respons butir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis butir soal Pilihan Ganda menggunakan Teori respons butir lebih menghasilkan butir soal tes yang lebih kualitas daripada menggunakan pendekatan teori tes klasik (ditinjau dari parameter Tingkat kesukaran, Daya pembeda, dan koefisien reliabilitas). Koefisien reliabilitas hasil analsisi BILOG-MG ini menunjukkan tingkat konsistensi yang lebih tinggi daripada hasil ITEMAN.
Collections
- Reports [941]