Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.unmul.ac.id/handle/123456789/42192
Title: Hubungan Dukungan Sosial dengan Penerimaan Diri pada Anak Broken Home
Authors: Wigati, Yuyun Sri
Rifayanti, Rina
Issue Date: 25-Jul-2022
Publisher: Program Studi Psikologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman
Citation: Wigati, Y. S. & Rifayanti, R. (2022). Hubungan Dukungan Sosial dengan Penerimaan Diri pada Anak Broken Home. Program Studi Psikologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dukungan sosial dengan penerimaan diri pada anak broken home di kota Samarinda. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Hipotesis yang diajukan adalah ada hubungan positif antara dukungan sosial dengan penerimaan diri pada anak broken home di kota Samarinda sebanyak 150 subjek. Teknik pengambilan data sampel pada penelitian ini menggunakan purposive sampling yang diambil dengan menggunakan kriteria usia dewasa awal dengan latar belakang orang tua bercerai. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan skala dukungan sosial dan penerimaan diri yang kemudian dianalisis menggunakan metode Product Moment. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier sederhana yang dilakukan dengan menggunakan Statistical Package for Social Sciences (SPSS) versi 21.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: terdapat hubungan yang signifikan antara dukungan sosial dengan penerimaan diri pada anak broken home di kota Samarinda hal ini ditunjukan dari nilai kontribusi hubungan sebesar R2= 46,9% yang artinya semakin tinggi dukungan sosial yang didapat maka semakin tinggi pula penerimaan diri, begitupun sebaliknya. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka hipotesis yang diajukan dinyatakan diterima.
URI: http://repository.unmul.ac.id/handle/123456789/42192
Appears in Collections:S1-Psikologi

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
1702105092 YUYUN SRI WIGATI SKRIPSI.pdfFULL TEXT3.05 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.