Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.unmul.ac.id/handle/123456789/18459
Title: REPRESENTASI RASISME DALAM IKLAN PRODUK KECANTIKAN SNOWZ GLUTA BY SEOUL SECRET (ANALISIS SEMIOTIKA ROLAND BARTHES)
Authors: Purwanti, Silviana
Keywords: Representasi, iklan SNOWZ GLUTA, Teori Semiotika Roland Barthes
Issue Date: 28-Dec-2021
Publisher: ilmu Komunikasi Unmul
Series/Report no.: Volume 9;(4) 2021 : 65 - 74
Abstract: Penelitian ini tentang representasi rasisme yang ditampilkan melalui iklan Snowz Gluta by Seoul Secret. Peneliti menggunakan teori semiotika yang dikemukakan oleh Roland Barthes untuk melihat bagaimana rasisme direpresentasikan dalam iklan nowz Gluta by Seoul Secret berdasarkan denotasi, konotasi dan mitos, karena melalui iklan, membaca pemberitahuan TV seperti menghancurkan praktik filosofis yang bekerja secara manipulatif dalam bidang sosial tertentu. Iklan selalu dikaitkan dengan tanda dan kode. Setiap potongan iklan berubah menjadi “tanda” atau sign, yang pada dasarnya menyiratkan sesuatu yang menghasilkan makna, produk yang diiklan akan memperoleh nilai budaya. Pada penelitian ini, peneliti tertarik untuk mengupas serta menjabarkan bagaimana bentuk rasisme yang ditampilkan lewat iklan Snowz Gluta by Seoul Secret. Menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan pisau analisis dikemukakan oleh Roland Barthes, salah seorang ahli semiotika. Fokus dari penelitian ini adalah dua scene pilihan dimana didalamnya terdapat rasisme yang ditemukan melalui penggunaan peta semiotika Roland Barthes dan teknik pengambilan gambar. Indikator rasisme yang digunakan yaitu Stereotip Berdasarkan Ras, Diskriminasi Rasial serta Kekerasan Rasial. Teknik pengumpulan data untuk penelitian ini menggunakan teknik dokumentasi dan penelitian kepustakaan melalui penelitian yang berhubungan dengan buku dan jurnal. Maka hasilnya adalah streotip berdasarkan ras dengan penggambaran status kulit hitam yang infeorior, di mana perbedaan warna kulit antara kulit putih dan kulit hitam menjadi sebuah perbandingan kedudukan status yang terselubung, digambarkan bahwa kesuksesan dan status sosial seseorang yang tinggi tersebut hanya bisa didapatkan oleh orang berkulit putih.
Description: Represntasi Iklan dalam perspektif Roland Barthes
URI: http://repository.unmul.ac.id/handle/123456789/18459
ISSN: Cetak 2502-5961, ISSN Online 2502-597X
Appears in Collections:A - Social and Political Sciences

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Artikel eJournal An.Nindiyah Lamiatul Lutfa (12-28-21-01-38-16).docxmain article39.82 kBMicrosoft Word XMLView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.