Pengaruh Customer Relationship Management dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan dan Loyalitas Nasabah pada Bank Konvensional
Abstract
strak
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk membuktikan customer relationship
management berpengaruh signifikan terhadap kepuasan, untuk membuktikan
kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan, untuk membuktikan
kepuasan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah, untuk membuktikan
customer relationship management berpengaruh signifikan terhadap loyalitas
nasabah melalui kepuasan, dan untuk membuktikan kualitas pelayanan berpengaruh
signifikan terhadap loyalitas nasabah melalui kepuasan. Jenis penelitian ini
menggunakan penelitian survei dengan pendekatan kausatif yang mana tujuannya
untuk menjelaskan hubungan sebab akibat antara dua variabel atau lebih yang
diamati melalui pengujian hipotesis sehingga dapat ditarik kesimpulan. Populasi
dalam penelitian ini adalah konsumen pada Bank Umum KonvensionaL