Show simple item record

dc.contributor.authorNugroho, Rudy
dc.date.accessioned2022-01-14T02:25:26Z
dc.date.available2022-01-14T02:25:26Z
dc.date.issued2021-11-10
dc.identifier.issn2655-3570
dc.identifier.urihttp://repository.unmul.ac.id/handle/123456789/9160
dc.description.abstractMasa pandemi adalah masa yang berat bagi pelaku Usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). Sejumlah UMKM (26 juta UMKM) di Indonesia terdampak dengan adanya wabah covid-19. Namun ada juga UMKM yang masih bertahan, diantaranya UMKM martabak surban syahwa yang berlokasi di Samarinda, Kalimantan Timur. Namun permasalahan yang muncul adalah, pelaku usaha masih minim dalam hal pengetahuan digital marketing dan penjualan menggunakan media sosial. Untuk itulah, pengabdian kepada masyarakat dalam bentuk Kuliah Kerja Nyata (KKN) 47 Universitas Mulawarman ini dilakukan untuk memberikan pendampingan kepada UMKM Martabak Surban Syahwa agar tetap bertahan dan makin maju di era pandemi. Kegiatan dilakukan secara hybrid (daring dan luring) oleh mahasiswa dari berbagai bidang keilmuan dan dosen pendamping lapangan. Kegiatan dimulai dari koordinasi, Pelaksanaan dan evalausi. Hasil dari pengabdian ini adalah, berupa buku katalog produk, video profil UMKM, dan penjualan secara online. Evaluasi dari kegiatan ini adalah dilakukan monitoring dan evalausi oleh dosen pendamping lapangan dan capaian yang dirasakan oleh pelaku UMKM, adalah penjualan meningkat. Masa pandemi adalah masa yang berat bagi pelaku Usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). Sejumlah UMKM (26 juta UMKM) di Indonesia terdampak dengan adanya wabah covid-19. Namun ada juga UMKM yang masih bertahan, diantaranya UMKM martabak surban syahwa yang berlokasi di Samarinda, Kalimantan Timur. Namun permasalahan yang muncul adalah, pelaku usaha masih minim dalam hal pengetahuan digital marketing dan penjualan menggunakan media sosial. Untuk itulah, pengabdian kepada masyarakat dalam bentuk Kuliah Kerja Nyata (KKN) 47 Universitas Mulawarman ini dilakukan untuk memberikan pendampingan kepada UMKM Martabak Surban Syahwa agar tetap bertahan dan makin maju di era pandemi. Kegiatan dilakukan secara hybrid (daring dan luring) oleh mahasiswa dari berbagai bidang keilmuan dan dosen pendamping lapangan. Kegiatan dimulai dari koordinasi, Pelaksanaan dan evalausi. Hasil dari pengabdian ini adalah, berupa buku katalog produk, video profil UMKM, dan penjualan secara online. Evaluasi dari kegiatan ini adalah dilakukan monitoring dan evalausi oleh dosen pendamping lapangan dan capaian yang dirasakan oleh pelaku UMKM, adalah penjualan meningkat.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Trisaktien_US
dc.subjectPengabdianen_US
dc.subjectUMKMen_US
dc.subjectSamarindaen_US
dc.titlePENGUATAN UMKM MARTABAK SURBAN SYABAN SAMARINDA KALIMANTAN TIMUR DI MASA PANDEMIen_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record