View Item 
  •   Unmul Repository Home
  • Pengabdian Pada Masyarakat
  • PPM - Faculty of Mathematics and Natural Sciences
  • View Item
  •   Unmul Repository Home
  • Pengabdian Pada Masyarakat
  • PPM - Faculty of Mathematics and Natural Sciences
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

PENGUATAN UMKM MARTABAK SURBAN SYABAN SAMARINDA KALIMANTAN TIMUR DI MASA PANDEMI

Thumbnail
View/Open
Main article (605.7Kb)
Date
2021-11-10
Author
Nugroho, Rudy
Metadata
Show full item record
Abstract
Masa pandemi adalah masa yang berat bagi pelaku Usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). Sejumlah UMKM (26 juta UMKM) di Indonesia terdampak dengan adanya wabah covid-19. Namun ada juga UMKM yang masih bertahan, diantaranya UMKM martabak surban syahwa yang berlokasi di Samarinda, Kalimantan Timur. Namun permasalahan yang muncul adalah, pelaku usaha masih minim dalam hal pengetahuan digital marketing dan penjualan menggunakan media sosial. Untuk itulah, pengabdian kepada masyarakat dalam bentuk Kuliah Kerja Nyata (KKN) 47 Universitas Mulawarman ini dilakukan untuk memberikan pendampingan kepada UMKM Martabak Surban Syahwa agar tetap bertahan dan makin maju di era pandemi. Kegiatan dilakukan secara hybrid (daring dan luring) oleh mahasiswa dari berbagai bidang keilmuan dan dosen pendamping lapangan. Kegiatan dimulai dari koordinasi, Pelaksanaan dan evalausi. Hasil dari pengabdian ini adalah, berupa buku katalog produk, video profil UMKM, dan penjualan secara online. Evaluasi dari kegiatan ini adalah dilakukan monitoring dan evalausi oleh dosen pendamping lapangan dan capaian yang dirasakan oleh pelaku UMKM, adalah penjualan meningkat. Masa pandemi adalah masa yang berat bagi pelaku Usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). Sejumlah UMKM (26 juta UMKM) di Indonesia terdampak dengan adanya wabah covid-19. Namun ada juga UMKM yang masih bertahan, diantaranya UMKM martabak surban syahwa yang berlokasi di Samarinda, Kalimantan Timur. Namun permasalahan yang muncul adalah, pelaku usaha masih minim dalam hal pengetahuan digital marketing dan penjualan menggunakan media sosial. Untuk itulah, pengabdian kepada masyarakat dalam bentuk Kuliah Kerja Nyata (KKN) 47 Universitas Mulawarman ini dilakukan untuk memberikan pendampingan kepada UMKM Martabak Surban Syahwa agar tetap bertahan dan makin maju di era pandemi. Kegiatan dilakukan secara hybrid (daring dan luring) oleh mahasiswa dari berbagai bidang keilmuan dan dosen pendamping lapangan. Kegiatan dimulai dari koordinasi, Pelaksanaan dan evalausi. Hasil dari pengabdian ini adalah, berupa buku katalog produk, video profil UMKM, dan penjualan secara online. Evaluasi dari kegiatan ini adalah dilakukan monitoring dan evalausi oleh dosen pendamping lapangan dan capaian yang dirasakan oleh pelaku UMKM, adalah penjualan meningkat.
URI
http://repository.unmul.ac.id/handle/123456789/9160
Collections
  • PPM - Faculty of Mathematics and Natural Sciences [363]

Repository Universitas Mulawarman copyright ©   LP3M Universitas Mulawarman
Jalan Kuaro Kotak Pos 1068
Telp. (0541) 741118
Fax. (0541) 747479 - 732870
Samarinda 75119, Kalimantan Timur, Indonesia
Contact Us | Send Feedback
 

 

Browse

All of Unmul RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

Login

Repository Universitas Mulawarman copyright ©   LP3M Universitas Mulawarman
Jalan Kuaro Kotak Pos 1068
Telp. (0541) 741118
Fax. (0541) 747479 - 732870
Samarinda 75119, Kalimantan Timur, Indonesia
Contact Us | Send Feedback